Hujan Abu Merapi Landa Boyolali dan Klaten

Hujan abu terjadi di wilayah Musik, Kabupaten Boyolali, Selasa (19/1/2021). (Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

MURIANEWS, Boyolali – Hujan abu terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah, Selasa (19/1/2021). Di Kabupaten Boyolali, hujan abu melanda dua kecamatan, yakni Kecamatan Musuk dan Tamansari. Sedangkan di Kabupaten Klaten, hujan abu terjadi di Kecamatan Kemalang.

Hujan abu ini diduga karena dampak munculnya awan panas guguran Gunung Merapi sekitar pukul 02.27 WIB. Awan panas tercatat di seismogram dengan amplitudo 60 mm dan durasi 209 detik.

Jarak luncur tercatat sekitar 1.800 meter ke arah barat daya. Teramati tinggi kolom 500 meter di atas puncak gunung. Sedangkan Angie bertiup ke arah timur.

Sebelumnya, hujan abu terjadi pada Jumat (8/1/2021) sekitar pukul 17.00 WIB hingga Sabtu (9/1/2021) sekitar pukul 12.00 WIB.

Dikutip dari Solopos.com, di Kecamatan Musuk, Boyolali, sisa-sisa abu vulkanik terlihat di permukaan jalan, permukaan tanaman dan genting rumah warga. Salah satunya terlihat di Desa Sruni, Kecamatan Musuk.

Salah satu warga Desa Sruni, Cipto Woyono, mengatakan hujan abu terjadi pada Selasa sekitar pukul 03.00 WIB. “Kemudian berhenti sekitar pukul 05.00 WIB. Tapi ini tipis saja,” katanya.

awanpanas guguran dan guguran lava pijar periode pengamatan pada Selasa (19/1/2021) pukul 00.00-06,00 WIB. (Instagram/@merapiupdate)

Hal senda diungkapkan Zaini. Ia mengatakan sekitar pukul 02.00 WIB terjadi erupsi Gunung Merapi. Setelah itu di wilayah Sruni terjadi hujan abu. “Terjadi baik di Sruni barat maupun Sruni timur. Lebih tebal di wilayah Sruni timur,” kata dia.

Dia mengatakan selama erupsi Merapi 2021, baru hari itu turun hujan abu di wilayahnya. Namun jika dibandingkan dengan hujan abu pada erupsi tahun-tahun sebelumnya, hujan abu pagi itu tergolong tipis.

Sementara itu, hujan abu tipis melanda dua desa di Kecamatan Kemalang, Klaten. Dua desa tersebut yakni Sidorejo dan Tegalmulyo. Meski demikian, aktivitas masyarakat di dua desa tersebut tetap berjalan seperti biasa.

“Di Deles (Sidorejo) dan Tegalmulyo. Tapi sekarang sudah tenang,” kata Pelaksana Tugas (PLt) Camat Kemalang, Sudiyono.

Sudiyono mengatakan hujan abu tipis yang melanda Sidorejo dan Tegalmulyo kali ini disebabkan arah angin berembus ke timur. Di saat bersamaan, juga berlangsung hujan. “Jumat, pekan kemarin di Sambungrejo, Balerante juga ada abu tipis. Saat itu, terjadi erupsi ke arah barat,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

#klatenBoyolalihujan abumerapi