Heru Ketakutan Rumahnya di Sumberagung Blora Nyaris Terseret Longsor

MURIANEWS, Blora – Longsor di aliran sungai anakan Kali Lusi membuat khawatir warga Dukuh Ngablak, Desa Sumberagung, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Hal ini karena gerusan tersebut menjadikan satu rumah warga setempat nyaris ambruk di tepian longsor.

Salah seorang warga, Heru (41) mengaku, merasa was-was lantaran rumahnya terancam ambruk akibat tanah longsor tersebut.

Tampak lokasi longsor memprihatinkan. Karena rumah warga semakin terancam, karena teras rumahnya retak-retak dan halaman depan rumah tersebut sebagian sudah amblas. Bahkan sebagian pondasi rumah sudah menggantung di atas longsoran.

“Ya waswas, longsoran sudah kena halaman samping dan belakang, dapur serta emper juga mulai retak,” kata Heru, Kamis (14/01/2021).

Sementara Kepala Desa Sumberagung Sudarsono mengatakan, longsor itu terjadi pada Senin (11/1/2021) sekitar pukul 02.30 WIB. Ia menyebut, pihak desa sudah melakukan antisipasi agar longsor tidak lebih parah lagi.

Di antaranya dengan menguruk lokasi longsor dengan grosok dan warga gotong royong menggajal pondasi rumah agar tidak ambruk. “Semoga setelah ini tidak ada tanah longsor ini membuat warga waswas,” ujarnya.

Sementara, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora Hadi Praseno mengatakan, longsoran yang terjadi sepanjang 18 meter dan lebar 10 meter, serta kedalaman 4,2 meter.

“Longsoran ini sudah sampai pada teras samping dan belakang rumah serta dapur rumah Heru. Agar tidak merembet ke bangunan utamanya dilakukan kerja bakti bersama dengan menguruk, dan memberi pengamanan dengan bambu serta kayu,” terangnya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

bloralongsorSumberagung