DPRD Jateng Raih Penghargaan Green Leadership KLHK

MURIANEWS, Semarang – Ketua Kaukus Lingkungan Hidup DPRD Jawa Tengah Sukirman berkesempatan menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra” kepada DPRD Jateng dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan diberikan Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (21/12/2020).

Penghargaan ini diberikan karena DPRD Jateng memberikan perhatian khusus soal pelestaran lingkungan melalui peraturan daerah (Perda) yang diterbitkan. Selain itu ada peningkatan anggaran untuk program dan kebijakan pembangunan lingkungan.

“Penghargaan ini juga sebagai bukti kepedulian dan keseriusan terhadap kelestarian lingkungan hidup. Selama ini, DPRD Jateng juga paling cepat membentuk Kaukus Lingkungan Hidup sebagai salah satu unit kerjanya,” ujar Sukirman dalam siaran pers yang diterima MURIANEWS.

Sukirman yang juga wakil ketua DPRD Jateng ini mengaku sangat apresiatif atas penghargaan yang telah diberikan Kemen LHK. Dikatakan, DPRD Provinsi Jateng terus berupaya mendukung kebijakan pemerintah sekaligus merumuskan peraturan yang berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Penghargaan ini semakin memotivasi untuk terus menciptakan kebijakan pembangunan yang ramah lingkungan. Memang tidak mudah menancapkan ideologi pelestarian lingkungan, tetap dengan seluruh kemampuan dan keterlibatan semua pihak, kita yakin akan mempu melestarikan lingkungan untuk anak cucu kita,” tegas politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan selama ini Indonesia telah mengalami berbagai krisis lingkungan. Kondisi tersebut juga memacu daerah semakin menjaga kelestarian lingkungan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Keberhasilan kepala daerah berhasil jika didukung DPRD dan birokrasi yang baik di bidang lingkungan. Lingkungan hidup itu merupakan aset yang perlu dijaga sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya. Semoga penyelamatan lingkungan dapat terus dilakukan,” tandasnya.

Dr Imam Prasodjo, Dewan Pertimbangan Penilaian Penghargaan menjelaskan, dibutuhkan manusia-manusia “abnormal” untuk memperjuangkan kelestarian lingkungan hidup. “Figur yang menerima penghargaan hari ini sesungguhnya tidak mengharapkan penghargaan ini, namun mohon penghargaan ini dijadikan motivasi masih sangat panjang harapan kita untuk melestarikan lingkungan,” tandas Imam dalam sambutannya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

DPRD JatengPenghargaan