Mik dan Amplifier Masjid Ar Rohmah Pranan Sukoharjo Digasak Maling, Pelaku Terekam CCTV

MURIANEWS, Sukoharjo – Pencurian di tempat ibadah kembali terjadi di Sukoharjo. Kali ini maling beraksi di Masjid Ar Rohmah Desa Pranan, Kecamatan Polokarto. Hanya saja, pencurian kali ini tidak menyasar kotak amal, melainkan mik dan amplifier masjid.

Nahasnya, aksi tersebut terekam kamera closed-circuit television (CCTV). Dalam video yang beredar, pelaku aksi pencurian seorang laki-laki datang menggunakan sepeda motor belum diketahui jenisnya, sekitar pukul 14.03 WIB pada 28 November lalu.

Kendaraan pelaku tersebut berpelat nomor AD 3055 YZ. Setelah memarkirkan kendaraan, pelaku lantas masuk ke dalam area masjid.

Pengurus Takmir Masjid Ar Rohmah Sardini mengatakan pelaku berhasil membawa mik dan dua amplifier milik masjid. Aksi tersebut terekam CCTV yang dipasang di sekitar masjid.

Pelaku, lanjutnya, seorang laki-laki berusia sekitar 30 tahunan. Pelaku datang menggunakan jaket berwarna hitam. Pelat nomor motor juga terekam CCTV.

“Yang diambil itu mik dan amplifier yang baru dibeli beberapa bulan lalu karena yang dulu juga dimaling. Harganya sekitar Rp 8 juta,” kata dia seperti dikutip Solopos.com, Kamis (3/12/2020).

Dia mengatakan aksi pencurian tidak hanya terjadi kali ini. Namun sudah berulang kali. Lokasi masjid yang berada di pinggir Jalan Raya Ciu Pranan tepatnya di depan Kantor Balai Desa Pranan menjadi sasaran kawanan maling.

Bahkan saking seringnya menjadi sasaran aksi maling, pihak pengurus masjid memasang enam kamera CCTV. Harapannya pelaku tak berani melancarkan aksi mencuri barang milik masjid. Namun ternyata aksi pencurian tetap saja terjadi.

“Kalau kami hitung sudah enam kali kemalingan. Yang paling sering hilang itu mik dan amplifier,” katanya.

Saat ini untuk mengantisipasi barang milik masjid dicuri, pengurus Masjid Ar Rohmah akan memasang teralis. Teralis dipasang sebagai pengaman aset milik masjid.

Kades Pranan, Jigong Sarjanto, berpesan kepada pengurus masjid atau tempat ibadah lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan akan aksi pencurian yang terjadi di wilayahnya.

“Kami minta pengurus tempat ibadah untuk mengamankan aset-asetnya. Tempat ibadah sekarang menjadi sasaran maling karena banyak barang yang mudah diambil dan dijual,” katanya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

#sukoharjoamplifierCCTVmalingmasjidMikterekam