Anggaran Penanganan Covid-19 di Jepara Baru Terserap 55,15 Persen

MURIANEWS, Jepara – Anggaran penanganan Covid-19 yang dialokasikan dalam APBD 2020 sebesae Rp 203 miliar diketahui baru terserap 55,15 persen. Dana tersebut digunakan untuk pembiayaan di beberapa bidang. Di antaranya Bidang Kesehatan, Jaring Pengaman Sosial (JPS), Bantuan Tak Terduga (BTT), dan Penanganan Dampak Ekonomi.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyatakan, dana anggaran penanganan Covid-19 dialokasikan dari kegiatan refocusing APBD 2020. Dari refocusing yang dilakukan, ada alokasi anggaran sebesar kurang lebih Rp 203 miliar.

Dana tersebut digunakan untuk bidang Kesehatan, dari anggaran sebesar Rp 12,87 miliar sampai Desember ini terealisasi Rp 7,25 miliar. Sehingga dengan demikian penyerapan anggaran yang tercapai baru sekitar 55,94 persen.

Kemudian untuk JPS dari alokasi sebesar Rp 138,53 miliar, sampai saat ini baru terserap Rp 88,581 persen atau sebesar Rp 88,581 miliar. Sedangkan untuk Pos BTT dari anggaran sebesar Rp 44,59 miliar sampai saat ini baru terserap Rp 14,92 miliar (33,46 persen). Terakhir untuk Penanganan Dampak Ekonomi, dari anggaran sebesar Rp 6,897l Miliar baru terealisasi Rp 1,18 miliar (17,17 Persen).

“Jadi penjelasannya seperti itu. Sisa waktu yang ada ini akan kita optimalkan untuk bisa melakukan penyerapan anggaran. Khususnya untuk JPS, sampai saat ini masih proses, dan dipastikan dalam pertengahan Desember ini sudah tersalur semua untuk bantuan JPS-nya,” ujar Dian Kristiandi, Rabu (2/12/2020).

Sementara itu, secara terpisah Wakil Ketua DPRD Jepara, KH Nuruddin Amin meminta Pemkab Jepara bisa segera melakukan langkah-langkah percepatan terkait penyerapan anggaran. Dalam hal ini pihaknya meminta agar Pemkab Jepara lebih gigih didalam mengalokasikan penyerapan anggaran dana penanganan Covid-19 tersebut. Rencana-rencana yang sudah ada dan belum dilaksanakan, diharapkan bisa segera dieksekusi pelaksanaannya.

“Sementara saya hanya bisa menyampaikan hal seperti itu. Terlebih lagi saat ini sudah bulan Desember. Ada banyak hal yang harus dikerjakan, mengingat hari efektif dalam bulan Desember ini juga terbatas. Jadi harus gigih untuk penyerapan anggaran ini,” ujarnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Anggarancovid-19jepara