Libur Panjang, Objek Wisata di Kudus Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah pengelola wisata di Kabupaten Kudus terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat di saat libur panjang akhir pekan ini. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penularan corona.

Satu di antaranya adalah area Masjid dan Makam Sunan Kudus juga mulai dibanjiri wisatawan dalam maupun luar kota.

Humas Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3K) Deni Nur Hakim pun memastikan pihak yayasan tak akan kendor dalam menerapkan 3M. Yakni mewajibkan para peziarah memakai masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak ketika berada di kerumunan.

“Tentu, kami menerapkan 3M dengan tegas di sini,” katanya.

Sebagai upaya pencegahan penularan virus Covid-19, pihak yayasan juga telah melepas semua karpet sajadah yang ada di Masjid Menara Kudus. Serta melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara berkala.

Hal yang sama juga dilakukan pengelola objek wisata Museum Jenang Kudus. Penerapan 3M pun ditingkatkan. Pembatasan pengunjung untuk mencegah adanya kerumunan juga dilakukan oleh pihak pengelola.

“Beberapa hari ini terus meningkat, oleh karenanya kami meningkatkan penerapan protokol kesehatan 3M nya,” ucap Rodliyah Pusparini, kepala Showroom Museum dan Store Jenang Mubarok, Kamis (29/10/2020) siang.

Puspa mengatakan, untuk pembatasan pengunjung masuk sendiri dilakukan berkat kerja sama dengan tour leader. Apabila rombongan bus lebih dari 50, maka diminta untuk dibagi secara dua kelompok.

“Maksimal di dalam ada sekitar 50 orang, sehingga bisa menjaga jarak saat menikmati koleksi kami, tak lupa kami melakukan pengecekan suhu dulu sebelum wisatawan masuk,” jelas dia.

Sementara Munir, salah satu pengunjung museum asal Malang, Jawa Timur mengatakan penerapan protokol kesehatan di lokasi museum sudah sangat baik. Dia pun tidak masalah jika harus memakai masker ketika berada di dalam museum.

“Demi kepentingan bersama, saya kesini dengan keluarga, sekalian wisata religi,” jelas dia.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

cucitangancucitanganpakaisabuningatpesanibujagajarakjagajarakhindarikerumunankudusLibur Panjangpakaimaskersatgascovid19Wisata