Timbulkan Kerumunan, Antrean Bantuan UMKM di BRI Jepara Diminta Sesuai Protokol Kesehatan

MURIANEWS, Jepara – Proses penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM), melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jepara diminta untuk lebih memperhatikan protokol kesehatan.

Pasalnya, di beberapa wilayah, penyaluran bantuan ini berpotensi menimbulkan masalah terkait penerapan protokol kesehatan lantaran menimbulkan antrean panjang dan kerumunan massa.

Kepala Satpol PP Jepara Abdul Syukur menyatakan memang ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyaluran bantuan BUMP untuk UMKM ini. Pihaknya menyatakan sudah berkomunikasi dengan pihak BRI Jepara untuk memberi perhatian untuk masalah ini.

Diakuinya ada kerumunan di beberapa lokasi pelayanan BRI untuk program ini. Meski sudah menerapkan protokol kesehatan, namun masih perlu pengaturan yang lebih menjamin agar protokol kesehatan bisa lebih ketat dan efektif dilaksanakan.

“Sudah, kami sudah sampaikan ke pihak BRI untuk memberikan perhatian soal ini. Kami sudah sampaikan agar BRI membuat SOP (Standart Operation Prosedure) dalam proses penyaluran bantuan ini. Sehingga kegiatan penyaluran bisa dilakukan dengan tetap aman dan memenuhi protokol kesehatan secara ketat,” ujar Abdul Syukur, Jumat (23/10/2020).

Di beberapa titik lokasi pelayanan BRI yang ada di Jepara, antrean bahkan sudah muncul sejak pagi-pagi sekali. Karena itu, pihaknya berharap ada upaya pengaturan yang bisa mengurangi terjadinya kerumunan dalam waktu lama.

Pihaknya juga berharap BRI bisa malakukan evaluasi, dari kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam beberapa hari terakhir.

Disamping itu, Satpol PP Jepara dalam kerangka Satuan Tugas Penanganan Covid 19 di Jepara, juga sudah melakukan koordinasi dengan Forkompincam di masing-masing wilayah. Petugas-petugas di masing-masing wilayah kecamatan sudah dikoordinasikan untuk ikut memberikan perhatian dalam proses kegiatan penyaluran bantuan ini.

“Para camat sebagai pimpinan Forkompincam juga sudah kami koordinasikan untuk bisa ikut mengawasai dan memberikan perhatian dalam proses kegiatan ini. Bagaimanapun, semua memang harus mendapatkan perhatian dari semua pihak,” tambah Abdul Syukur.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

 

bantuanBRIjeparakerumunanUMKM