Tiga Buku Peninggalan Nitisemito Akan Diseminarkan Besok, Hadirkan Para Ahli

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus akan menggelar seminar tiga buku peninggalan Raja Kretek Nitisemito, Sabtu (23/10/2020) besok. Dalam seminar tersebut akan menghadirkan beberapa ahli.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Yusron Kudus mengatakan, ketiga buku peninggalan Nitisemito yang diserahkan ke Museum Kretek pekan lalu akan diseminarkan di Hotel @hom Kudus, sekitar pukul 10.00 WIB..

“Kami akan hadirkan beberapa ahli, mulai dari Museum Ranggawarsita, Kasubdit Akutansi Pemerintahan, ahli sosial budaya dan juga akan kami hadirkan keluarga Nitisemito,” katanya (23/10/2020).

Tujuan diadakan seminar tersebut menurutnya untuk menggali lebih jauh tentang sejarah Raja Kretek Nitisemito mulai dari peran Nitisemito dalam sejarah perkembangan industri rokok di Kudus hingga peran Nitisemito dalam kemerdekaan.

“Saat ini tahap awal perkembangan industri rokok dan bidang akutansinya dulu. Insyaallah akan kami kupas satu persatu himgga peran beliau (Nitisemito) dalam kemerdekaan,” ujarnya.

Baca: Raja Kretek Nitisemito Bakal Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Diberitakan sebelumnya, tiga buku peninggalan Nitisemito sudah dipastikan asli dan sudah diserahkan kepada Museum Kretek untuk dirawat dan lebih bermanfaat untuk generasi muda pada Sabtu(17/10/2020) pekan lalu.

Ketiga buku tersebut yakni Buku Jurnal Keuangan Nitisemito, Buku Laporan Pemasukan dari Abon, dan buku laporan pelanggan.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

buku nitisemitokudusnitisemitoraja kretek