Standarisasi Perahu Wisata Logung Baru Masuk Tahap Pendataan Kemenhub

MURIANEWS, Kudus – Standarisasi perahu wisata di Bendungan Logung Kudus sampai saat ini belum kelar. Padahal standarisasi itu sudah dilakukan sejak Juli 2020 lalu. Saat ini standarisasi perahu wisata Logung masih masuk tahap pendataan.

Staf Seksi Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Tengah dan DIY Budie Arie mengatakan, saat ini standarisasi perahu masih diproses di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Baru tahap pendataan sebanyak 22 perahu. Jadi masih proses. Kami juga belum tahu kapan selesainya. Soalnya yang melakukan pengkajian dari Kemenhub langsung,” katanya saat dihubungi MURIANEWS Jumat (23/10/2020).

Menurut Budie Arie, ada beberapa hal yang dilakukan untuk menstandarisasi perahu wisata Logung. Mulai dari panjang perahu, bentuk perahu, daya dorong mesin, kelengkapan alat keselamatan mulai dari pelampung dan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi operator perahu.

Sementara itu, Pokdarwis Desa Kandangmas Sabari mengatakan, saat ini standarisasi perahu wisata Logung belum ada kabar lagi.

“Belum ada info dari BPTD Jawa Tengah dan DIY. Harusnya tahun ini sudah standarisasi. Itu kan sudah sejak Juli prosesnya,” terangnya.

Menurut dia saat ini rekan-rekan operator perahu wisata Logung tetap melayani wisatawan.

Lebih lanjut, kendati proses standarisasi belum selesai, operator perahu wisata tetap beroperasi. Menurutnya, rekan-rekan operator perahu wisata membutuhkan uang untuk kebutuhan sehari-hari.

“Jika ada wisatawan tetap kami layani. Kalau akhir pekan Sabtu Minggu itu 22 perahu bisa beroperasi semua dengan masing-masing perahu mengangkut penumpang dua sampai tiga kali. Tapi kalau hari biasa paling cuma lima perahu yang beroperasi,” terang dia.

Sabari berharap tahun ini standarisasi dapat selesai. “Harapan kami standarisasi bisa selesai tahun ini. Supaya teman-teman bisa aman dan nyaman saat mengoperasikan perahu wisata logung,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

kudusperahu logungperahu wisatawisata Logung