Kendalikan Stres Supaya Imun Tidak Turun, Ini Caranya

MURIANEWS, Kudus – Salah satu penyebab imunitas turun yakni diakibatkan karena stres. Salah satu penyebabnya karena banyak pikiran. Sehingga berdampak pada hormon tubuh yang tidak dapat bekerja dengan baik yang berakibat menjadi stres.

Salah satu dokter RS Aisyiyah Kudus dr Aprilia Sariwiyanti mengatakan, penyebab stres karena hormon pada tubuh tidak dapat bekerja dengan baik.

“Ketika hormon dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, itu akan merembet ke bagian tubuh yang lain. Sehingga perlu dikendalikan agar tidak menjadi stres yang berakibat imunitas tubuh menurun,” katanya.

Menurutnya, salah satu faktor yang membuat orang menjadi stres karena banyak pikiran.

“Ketika seseorang banyak pikiran, otak akan merespon. Badan menjadi tidak enak sehingga menimbulkan stres. Dan stres itu bisa membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun,” ujar dia.

Aprilia mengatakan, ada dampak jangka panjang yang berakibat seseorang terkena penyakit jika sering stres. Mulai dari penyakit darah tinggi, gula, dan stroke.

Dia memberikan solusi untuk mengurangi stres. Yakni dengan cara meningkatkan ibadah, melakukan aktivitas fisik, berolahraga, dan mengendalikan jam kerja.

“Refresing diperlukan untuk menyegarkan pikiran supaya mengurangi aktivitas yang monoton setiap hari. Tapi tentunya tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak). Jangan sampai refresing tapi tidak mematuhi protokol 3M,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

imunkesehatankudus