Tanaman dan Lampu Hias di Taman Kota Sering Hilang, DLH Jepara Perketat Penjagaan

MURIANEWS, Jepara – Banyaknya tanaman dan lampu hias yang hilang di sejumlah taman kota di Jepara membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara geram. Untuk menekan hilang atau rusaknya tanaman dan property taman, DLH Jepara memperketat penjagaan di sejumlah titik.

Selain itu, dengan menggandeng aparat keamanan DLH juga melakukan patroli keliling di sejumlah wilayah.

Kepala DLH Jepara Elida Farikha menyatakan, kejadian pencurian tanaman atau pencangkokan liar berdasarkan laporan sudah muncul sejak dua bulan lalu.

Pada awalnya diketahui hanya ada satu atau dua tanaman yang dicuri. Namun demikain pada belakangan ini kejadian pencurian diketahui banyak terjadi.

Meningkatnya kejadian pencurian tanaman sudah direspon pihaknya dengan melakukan kegiatan penjagaan. Bahkan kegiatan penjagaan dilakukan lebih awal waktunya mulai sore sekitar jam 16.00 WIB.

Sebelumnya penjagaan juga sudah dilakukan meski waktunya dimulai agak malam. Namun upaya ini tampaknya belum membuat jera pada pencuri tanaman yang beroperasi.

“Kami juga mendapati cangkokan liar pada tanaman-tanaman yang ada di sejumlah taman kota. Kami juga temui masih saja ada tanaman yang hilang lagi. Kami menduga, pencurian dilakukan pada saat petugas jaga kami tidak ada di lokasi. Apalagi saat ini sebetulnya taman-taman kota tidak boleh dikunjungi karena adanya covid 19,” ujar Elida Farikha, Jumat (18/9/2020).

Ditutupnya taman-taman kota tampaknya justru dimanfaatkan oleh para pelaku pencurian tanaman. Karena petugas jaga tidak bisa terus-menerus melakukan penjagaan, mereka akhirnya melakukan pencurian.

Dalam hal ini pihaknya juga sudah melibatkan petugas Polisi untuk melakukan partroli di sejumlah titik rawan.

Meski demikan, masih saja ada tanaman yang diketahui raib dari tempatnya. Baru-baru ini pihaknya juga sudah melakukan pembersihan terhadap pratik pencangkokan yang dilakukan secara liar. Cangkokan dibersihkan, sehingga diharapkan tidak dipotong oleh orang yang sengaja melakukan pencangkokan.

“Petugas kami sudah melepas cangkokan tidak jelas siapa yang melakukannya. Diantaranya di Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) Taman Alun-alun Jepara. Sedangkan yang kembali dilaporkan ada kehilangan, diantaranya di taman Simpang Ruwet, Taman Udang Kali Kanal, Taman Jalan Diponegoro dan Taman Tiga Pahlawan Wanita di Ngabul,” tambah Elida Farikha.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

#tanamanjeparaLampu Hiastaman