Uji Ketangkasan Berkendara, Satlantas Polres Pati Gelar Lomba Uji SIM

MURIANEWS, Pati – Berbagai cara dilakukan oleh Satlantas Polres Pati agar masyarakat tangkas mengendarai motor. Salah satunya adalah dengan cara menggelar lomba uji Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kasat Lantas Polres Pati AKP Sarwoko mengatakan, sebenarnya lomba uji SIM ini adalah rangkaian acara hari ulang tahun Lantas yang ke-65. Tetapi agar lebih edukatif pihanya memang mengadakan lomba itu agar pemohon lebih tertarik.

“Pesertanya adalah dari pemohon sendiri. Jadi, ketika mereka membuat SIM, tentunya ada ujian praktik. Itulah yang kami lombakan, siapa yang tangkas, mereka nantinya yang masuk penghitungan dewan juri,” katanya, Jumat (18/9/2020).

Dia menambahkan, dalam lomba uji SIM ini, para pemohon SIM dinilai satu persatu-satu, mulai dari cara menaiki motor hingga ketangkasan saat mengendarai motor. Penilaianya ada beberapa poin, yakni mulai dari awal menaiki kendaraan sampai kemampuan untuk menguasai kendaraan atau skilnya.

Sebelum diuji ketangkasanya, para pemohon sim harus mengikuti ujian materi terlebih dahulu. Kemudian bagi pemohon yang dinyatakan lulus baru bisa menjadi peserta lomba uji ketangkasan.

“Untuk lomba ketangkasannya seperti ujian sim pada umumnya, yakni melintasi jalan uji yang sudah kita siapkan, seperti jalan zigzag, melewati trek angka delapan dan proses pengereman juga turut dinilai,” imbuhnya.

Bagi peserta lomba yang memiliki nilai terbaik 1,2,3 akan diberi penghargaan tropi dan dibebaskan biaya pembuatan simnya.

Dalan kesempatan itu, pihaknya juga turut memberikan imbauan kepada masyarakat. Selain harus tertib berlalulintas, dia juga meminta agar warga selalu mematuhi peraturan dari pemerintah yakni selalu menerapkan protokol kesehatan Covid -19.

“Harus selalu menerapkan 3M yakni, selalu memakai masker jika keluar rumah, rajin mencuci tangan, dan yang terakhir harus selalu menjaga jarak,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

LombapatiPolresSatlantasUji SIM