Safin Minta BPOM Bantu Kembangkan Garam Pati Berstandar Industri

MURIANEWS, Pati – Wakil Bupati Pati Saiful Arifin meminta Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk membantu mengembangkan garam rakyat menjadi garam industri. Ini mengingat , Pati merupakan produsen garam terbesar nasional setelah Madura.

“Kami berharap dari BPOM dapat memberikan bimbingan bagaimana garam yang diproduksi di Pati dapat masuk ke industri perusahaan, tidak hanya sebagai konsumsi rumah tangga saja, tapi jadi garam industri,” katanya saat membuka acara Advokasi Pengawasan Pangan Fortifikasi dan Bimbingan Teknis Kepada Pelaku Usaha Garam di Kabupaten Pati Tahun 2020 di Hotel Safin, Kamis (17/9/2020)

Menurutnya saat ini industri perusahaan lebih banyak menggunakan garam impor karena kandungan NaCl yang lebih tinggi. Sehingga, untuk memenuhi standar tersebut, petani lokal masih kesulitan.

Karena itu, pihaknya berharap pemerintah dapat mengurangi sedikit saja standar NaCl, agar garam lokal bisa masuk ke industri perusahaan. Hal itu, dapat ditindaklanjuti dengan bantuan pemerintah dalam pengelolaan produksi garam yang sesuai dengan standar perusahaan.

“Mungkin teman-teman di Kabupaten Pati bisa mengelola garam dengan standar NaCl 96 persen dan itu menjadi titik tengah supaya garam kita bisa jalan dan tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat umum saja,” terangnya.

Safin menegaskan, garam telah menjadi salah satu kebutuhan pokok. Karena itu, pemerintahan kabupaten Pati mengajak Industri Kecil Menengah (IKM) garam untuk berusaha dengan sebaik mungkin guna berdikari dengan produk-produk lokal.

“Produk IKM harus memberikan kontribusi untuk masyarakat. Dan konsumen pun mengharapkan produk-produk yang dihasilkan oleh IKM di Kabupaten Pati adalah produk yang baik dan sehat,” jelasnya.

Safin pun memberikan apresiasi kepada para pelaku IKM di Kabupaten Pati, karena mereka telah menunjukkan hasil produksi yang maksimal. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan Kabupaten Pati sebagai produsen garam lokal.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

BPOMGarampati