Jumlah Pendonor Darah di PMI Kudus Hari Ini Melonjak Tajam

MURIANEWS, Kudus – Jumlah pendonor di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kudus, Kamis (19/9/2020) hari ini  meningkat drastis dari hari biasanya. Hingga sore hari, tercatat sudah puluhan orang yang menyumbangkan darahnya.

Hari ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI. Dalam peringatan ini, PMI Kudus memang memberikan suvenir berupa kaus dan sembako, pada setiap pendonor yang datang.

Alhasil, pendonor darah yang hari ini datang ke Kantor PMI Kudus yang berada di Jalan Kudus-Purwodadi meningkat tajam.

Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kudus Praptiningsih mengatakan, dari mulai pagi hingga siang tadi sudah ada 63 orang yang mendonorkan darah di Kantor PMI Kudus. Jika dibandingkan hari biasa, jumlah tersebut sangat meningkat.

“Untuk sore ini sudah ada enam yang mendonorkan darahnya, dan ada beberapa yang masih antre. Hari biasanya sepi pendonor, sepuluh orang saja itu tidak setiap hari. Salah satunya mungkin karena ada suvenir dan sembako,” katanya.

Ia menyatakan, suvenir untuk pendonor hanya berlaku hari ini dan jumlahnya terbatas sebanyak 59 buah. Sedangkan untuk sembako diberikan selama satu bulan hingga akhir September mendatang.

“Setelah kaus habis, tadi pendonor juga tidak keberatan jika diberi sembako saja. Mereka tetap bersedia untuk mendonorkan darahnya. Kami memang mencari orang yang ikhlas untuk mendonorkan darahnya,” ucapnya.

Sedangkan untuk stok per hari ini PMI Kudus memiliki stok darah sehat sebanyak 202 kantong. Dengan rincian golongan darah A  44 kantong, B  52 kantong,  AB 22 kantong dan golongan darah O 84 kantong.

“Stok itu perkiraan hanya cukup dua sampai tiga hari saja. Kemungkinan pagi di hari ketiga sudah habis, karena bank darah sendiri, sekali minta bisa 40 kantong,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Donor DarahPMI, Kudus