Tahap Ketiga Rampung, Penyaluran BNST Dinsos Jateng untuk Warga Jepara Tuntas

MURIANEWS, Jepara – Dari sekian program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang digeber pemerintah, penyalurannya belum semua selesai dilakukan. Di Kabupaten Jepara, baru program Bantuan Sosial Non Tunai (BNST) dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah yang bisa dituntaskan.

Penyaluran bantuan ini, di Kabupaten Jepara dilakukan dengan melibatkan PT Pos Jepara sebagai juru bayar atau penyalur.

Ketua Satgas BSNT PT Pos Jepara, Lardi menyatakan, penyaluran BSNT di Jepara sudah selesai pada awal September. Hal ini ditandai dengan disalurkannya BSNT tahap ketiga, untuk 33.725 penerima.

Jumlah ini menurun dibandingkan jumlah penerima bantuan pada tahap pertama dan kedua. Pada tahap pertama ada sekitar 34.000. Sementara pada tahap kedua ada sekitar 33.747.

“Dalam setiap tahap memang terjadi penurunan jumlah penerima. Karena pada setiap tahap ada evaluasinya. Mereka yang diketahui tidak berhak menerima pada tahap awal, maka namanya akan dicoret untuk penyaluran tahap berikutnya. Alhamdulilah di Jepara sudah dilaksanakan dengan lancar,” ujar Lardi, Selasa (15/9/2020).

Dijelaskan juga, dalam penyaluran BSNT Dinsos Jawa Tengah, PT Pos Jepara merupakan mitra yang ditunjuk untuk penyaluran di Kabupaten Jepara.

Sedangkan untuk masalah pengadaan barang dilakukan oleh masing-masing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dintunjuk oleh Dinsos Jawa Tengah. Bantuan yang diberikan adalah paket sembako.

Untuk penyaluran BSNT tahap pertama di Jepara dilaksanakan pada bulan Agustus. Sebanyak kurang lebih 34 ribu orang menerima bantuan ini. Sedangkan pada tahap kedua dilaksanakan pada bulan Juli.

Pada tahap ini sebanyak 33.747 orang warga menerima bantuan ini. Sementara tahap ketiga atau yang terakhir sejauh ini dilaksanakan pada September dengan 33.725 orang sebagai penerima manfaat.

“Apakah program ini akan dilanjutkan untuk tahap selanjutnya kami belum tau. Namun yang pasti untuk tahap terakhir yang kami salurkan adalah tahap ketiga ini. Kami menunggu perkembangan saja,” tambah Lardi.

Selain BSNT, PT Pos Jepara juga ditunjuk menjadi mintra sebagai juru bayar untuk program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI. Untuk program BLT Kemensos PT Pos Jepara masih akan melakukan penyaluran sampai bulan Desember mendatang.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

bantuanjeparaPos