Viral Ibu di Jepara Melahirkan Tanpa Pertolongan Medis di Puskesmas Pakisaji, Begini Penjelasan Kepala Puskesmas

MURIANEWS, Jepara – Kepala Puskesmas Pakisaji, Jepara, dr Anjar E mengakui sudah melakukan klarifikasi terkait kisah viral seorang ibu melahirkan di puskesmas tempatnya bekerja. Klarifikasi itu bahkan sudah dilakukan ke kedua belah pihak, baik bidan ataupun petugas medis yang bersangkutan dan pihak keluarga.

”Sudah kami klarifikasi. Klarifikasi ini dilakukan bersama-sama antara Tim Puskesmas dan Desa. Dari klarifikasi yang dilakukan, pada dasarnya kedua belah pihak sama-sama mengakui ada kesalahan yang dilakukan,” katanya.

Selain klarifikasi Pihaknya juga mengaku sudah menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dalam pelayanan di Puskesmas Pakisaji.

Baca: Viral! Ibu di Jepara Melahirkan di Ruang Inap Tanpa Pertolongan Medis di Puskesmas Pakisaji

Sementara dari pihak keluarga juga menyampaikan permintaan maaf atas penyampaian ketidaknyamanan yang dirasakan melalui media sosial. Setelah dilakukan dialog dan mediasi, akhirnya masalah ini sudah bisa diselesaikan.

”Semua udah diklarifikasi dan sudah selesai. Baik dari bidan kami memang mungkin salah, namun di pihak pasien juga menyatakan juga ada yang keliru juga. Jadi keduanya ada benarnya juga ada salahnya,” ungkapnya

”Sekali lagi semua sudah sepakat bahwa masalah ini selesai,” ujar dr Anjar E, secara terpisah, Selasa (15/9/2020).

Baca: Viral Cewek Indonesia Ajak Bule Pesta Seks Demi Punya Anak Blesteran

Pemilik atau penulis pesan di akun FB atas nama Nila Kumalasari sendiri kemungkinan juga sudah menyatakan bisa menerima atas klarifikasi yang dilakukan pihak Puskesmas.

Hal ini didukung dengan tidak adanya lagi postingan yang sempat ramai dibicarakan warga medsos. Postingan yang berisi keluhan atas pelayanan Puskesmas Pakis Aji tersebut sudah dihapus, pada Selasa (15/9/2020) siang.

Sebelumnya, akun FB Nila Kumalasari memposting sebuah tulisan yang berisi perlakukan tidak menyenangkan dari petugas kesehatan di Puskesmas tersebut.

Baca: Video Gus Mus Kritik Tak Ada Merah Putih di Alun-Alun Rembang Viral: Apa Lupa, Apa Sibuk Pilkada?

Diduga, tulisan tersebut dibuat oleh suami dari pemilik akun yang bersangkutan. Dalam tulisan tersebut diceritakan, jika dirinya mengantar istrinya untuk menjalani persalinan di Puskesmas Pakisaji, Jepara pada Sabtu (12/9/2020) malam.

Namun karena perlakuan dari petugas kesehatan yang tidak respek, membuat sang istri akhirnya harus melahirkan di ruang inap.

Persalinan itu digambarkan berlangsung dramatis, karena tidak ada satupun petugas kesehatan yang memberikan pertolongan. Hal ini terjadi karena, meski sebelumnya sang istri sudah mengeluh kesakitan, namun tidak direspon secara tepat oleh petugas kesehatan yang ada.

Meski sudah sempat melapor, sang istri tidak mendapatkan penanganan. Hingga akhirnya, melahirkan dengan pertolongan keluarga yang kebetulan menungguinya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

#viraljeparaMelahirkanPuskesmas Pakisaji