Viral! Ibu di Jepara Melahirkan di Ruang Inap Tanpa Pertolongan Medis di Puskesmas Pakisaji

MURIANEWS, Jepara – Seorang warga Jepara membagikan pengalaman tidak menyenangkan saat mendapatkan pelayanan persalinan di Puskesmas Pakisaji, Jepara melalui media sosial FB.

Warga yang menggunakan nama akun FB Nila Kumalasari memposting sebuah tulisan yang berisi perlakukan tidak menyenangkan dari petugas kesehatan di Puskesmas tersebut.

Diduga, tulisan tersebut dibuat oleh suami dari pemilik akun yang bersangkutan. Dalam tulisan tersebut diceritakan, jika dirinya mengantar istrinya untuk menjalani persalinan di Puskesmas Pakisaji, Jepara pada Sabtu (12/9/2020) malam.

Baca: Viral Ibu di Jepara Melahirkan Tanpa Pertolongan Medis di Puskesmas Pakisaji, Begini Penjelasan Kepala Puskesmas

Namun karena perlakuan dari petugas kesehatan yang tidak respek, membuat sang istri akhirnya harus melahirkan di ruang inap.

Persalinan itu digambarkan berlangsung dramatis, karena tidak ada satupun petugas kesehatan yang memberikan pertolongan. Hal ini terjadi karena, meski sebelumnya sang istri sudah mengeluh kesakitan, namun tidak direspon secara tepat oleh petugas kesehatan yang ada.

Meski sudah sempat melapor, sang istri tidak mendapatkan penanganan. Hingga akhirnya, melahirkan dengan pertolongan keluarga yang kebetulan menungguinya.

Kasus ini diakui oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara, Mundrikatun. Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah hal itu terjadi akibat kelalaian dari petugasnya.

Baca: Viral Cewek Indonesia Ajak Bule Pesta Seks Demi Punya Anak Blesteran

Setelah mengetahui informasi ini viral di media sosial, pihaknya langsung melakukan pengecekan ke pihak Puskesmas dan sudah meminta dilakukan klarifikasi mengenai kasus tersebut.

“Pada prinsipnya, kami sudah melakukan upaya klarifikasi mengenai kejadian ini. Memang ada kejadian itu, maksudnya melahirnya di ruang inap dan bukan di ruang persalinan. Tapi kami pastikan sudah diselesaikan dengan baik-baik saja,” ujar Mundrikatun, Selasa (15/9/2020).

Pihaknya juga mengaku sudah menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dalam pelayanan di Pakisaji. Sementara dari pihak keluarga juga menyampaikan permintaan maaf atas penyampaian ketidaknyamanan yang dirasakan melalui media sosial.

”Setelah dilakukan dialog dan mediasi, akhirnya masalah ini sudah bisa diselesaikan. Sudah tak ada masalah,” tandasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

jeparamedisMelahirkanPakisajiRuang Inap