Tiga BUMD Selalu Diberi Suntikan Modal, Fraksi PDIP Pati Ngaku Tak Pernah Dapat Laporan Keuangan

MURIANEWS, Pati – Ketua Fraksi PDIP Pati Bandang Teguh Waluyo mengaku tak pernah mendapatkan laporan keuangan, progres, dan kinerja dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Bumi Mina Tani. Padahal, BUMD tersebut setiap tahun selalu mendapat suntikan modal dari APBD.

Hal itu terungkap saat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati menggelar Rapat Paripurna terkait penyampaian pandangan fraksi terhadap tiga raperda penyertaan modal kepada Bank Jateng, PT BPR, dan PDAM Tirta Bening.

“Ini (penyertaan modal) tiap tahun selalu berulang terus. Tapi, kami tidak pernah mendapatkan laporan keuangan, progres dan kinerja dari perusda selama ini,” katanya saat paripurna, Selasa (15/9/2020).

Ia menjelaskan, penyertaan modal kepada perusahaan perseroan daerah (perseroda) ini memang rutin dilakukan setiap tahun. Anggaran yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

“Tetapi sebagai badan usaha yang menghasilkan keuntungan atau profit, tentunya semakin lama harus bisa mencukupi kebutuhannya sendiri. Tidak hanya bergantung pada APBD terus menerus,” terangnya.

Ibaratnya, lanjut Bandang, kalau kita menyuapi makanan kepada bayi yang baru lahir, tentunya tidak masalah. Tetapi kalau anak sudah dewasa, tentu harus belajar mandiri dan bisa mencukupi kebutuhannya sendiri.

“Lha ini kok tiap tahun ada (penyertaan modal) dan berulang terus. Tapi, kita tidak pernah mendapatkan laporan keuangan, progres dan kinerjanya sampai mana,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, meskipun Bank Jateng, BPR dan PDAM Tirta Bening turut memberikan pemasukan kepada PAD Pati, tetapi ini seharusnya bisa lebih dimaksimalkan lagi. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai inovasi.

Lebih lanjut, untuk Bank Jateng, dia mempertanyakan pelayanan yang terlalu lamban. Bahkan para nasabah harus antre berjam-jam untuk melakukan transaksi.

”Itu yang menjadi pertanyaan dan catatan kami selama ini,” tegasnya.

Meski memberikan catatan pedas, Fraksi PDIP dengan tegas menerima tiga raperda tersebut. ”Secara kelembagaan, Fraksi PDIP menerima raperda ini. Tapi catatan tadi kami harap bisa dipecahkan,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

#paripurnaBUMDLaporan Keuanganpati