Latber Mini KOM Muria Series Stage II, Sekilo Sebelum Finish Jadi Tanjakan Terberat

MURIANEWS, Kudus – Puluhan goweser kembali memperebutkan podium juara di Latihan Bersama Mini King Of Mountain (Latber Mini KOM) Muria Series stage II, Minggu (13/9/2020) pagi.

Start landai dan santai dimulai sekitar pukul 06.00 WIB dari titik perempatan panjang, Bae, Kudus menuju tikungan menuju Desa Ternadi. Barulah saat berada di tikungan, bendera start KOM dibentangkan.

Para goweser pun langsung mengayuh sepedanya dengan cepat dan memperebutkan posisi paling depan. Namun dalam perjalanannya, posisi terdepan terus bergantian seiring dengan lintasan yang kian menanjak.

Ketua penyelenggara Latber Mini KOM Muria Series M Firdaus mengatakan, dari segi tingkat kesulitan rute, latber stage II ini memang lebih sulit dari pada stage I.

“Terlebih lintasan satu kilometer sebelum finish, itu adalah titik lintasan dengan ujian terberat bagi para goweser KOM,”ucap dia ketika dijumpai usai latber, Minggu pagi.

Para goweser saat mencoba menaklukan tanjakan terberat dalam stage II Latber Mini KOM pagi tadi (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

Gradiennya sendiri, kata dia, adalah sekitar 26 derajat. Dengan kemiringan tersebut, tak jarang beberapa goweser harus turun dari sepedanya karena tak kuat menanjak.

“Ada yang sempat didorong karena tak kuat,” tambahnya.

Walau demikian, pihaknya pun memastikan tetap akan mementingkan keamanan para goweser ketimbang kompetisinya. “Walau memang ada pemenang, tapi tujuannya hanya untuk memotifasi saja, tetap mengutamakan keamanan,” kata dia.

Latber Mini KOM Muria stage sendiri, sebenarnya ditujukan sebagai wadah semua komunitas sepeda di Kudus. Dengan tujuan mengembangkan bakat dan mempersiapkan para goweser untuk mengikuti kejuaraan.

“Sehingga ketika ada even Race KOM bisa ikut,” kata dia.

Latber sendiri, akan diselenggarakan empat kali selama satu bulan di akhir pekan. Yakni, stage pertama KOM Colo, stage kedua KOM Ternadi, stage ketiga KOM Cranggang, dan stage keempat Japan.

“Tiap stage diambil tiga juara dan lima poin tertinggi dari masing masing stage akan mendapatkan juara umum,” tandasnya.

Rekapitulasi pemenang stage dua sendiri kini tengah dilakukan oleh panitia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

#goweskudusLatbersepeda