Tiga Pasangan Cabup-Cawabup Blora Jalani Tes Kesehatan di Solo

MURIANEWS, Blora – Setelah pendaftaran bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) berakhir Minggu (6/9/2020), KPU Blora kembali melaksanakan tahapan Pilkada berikutnya.

Yakni, tahapan pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan cabup dan cawabup yang dilaksanakan di RS Moewardi Solo, Selasa (8/9/2020).

Ada tiga pasangan cabup dan cawabup yang mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan tersebut. Yakni, pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati yang didukung PKB, PDIP, PKS, Perindo (21 kursi DPRD), pasangan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto yang didukung Nasdem, Gerindra, PPP (14 kursi DPRD), dan pasangan Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetia yang didukung Demokrat, Golkar dan Hanura (10 kursi DPRD).

Meski bersaing dalam Pilkada 2020, namun ketiga pasangan ini tampil kompak, saling menyapa dengan penuh semangat, sebelum menjalani pemeriksaan kesehatan secara individu oleh tim kesehatan yang disiapkan KPU dan RS Moewardi Solo.

Ketua KPU Blora M Hamdun menyampaikan, tahapan pemeriksaan kesehatan ini disesuaikan dengan peraturan KPU tentang tahapan pelaksanaan Pilkada 2020. Di mana, pemeriksaan kesehatan bagi paslon harus dilakukan di rumah sakit tipe A.

“Untuk diketahui, di Kabupaten Blora belum ada rumah sakit tipe A. Sehingga kami memilih RS Moewardi Solo yang lokasinya lebih dekat dengan Blora,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dijadwalkan berlangsung selama dua hari, mulai hari ini hingga Rabu (9/9/2020) besok.

Untuk hari pertama ini, masing-masing paslon akan menjalani pemeriksaan urine, psikologi, dan kesehatan jasmani. Sedangkan hari kedua besok akan dilakukan pengembilan sampel darah untuk uji laborat, foto thoraks, USG abdomen, serta lanjutan tes psikologi dan kesehatan jasmani.

“Selama menjalani pemeriksaan kesehatan, bakal calon tidak boleh didampingi. Pengantar maksimal hanya satu orang dan hanya bisa sampai ruang tunggu saja,” jelasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

kesehatanPilkada Blora