Tak Hanya Siswa, PNS Juga Dikocor Bantuan Pulsa Hingga Rp 400 Ribu Per Bulan

MURIANEWS, Jakarta – Setelah resmi memberikan bantuan subsidi kuota internet untuk siswa, kini giliran Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan kalangan mahasiswa mendapatkan bantuan uang pulsa atau biaya paket data dan komunikasi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020, para abdi negara itu mendapatkan bantuan hingga Rp 400 ribu tiap bulan.

Dikutip dari CNN Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pertimbangan pemberian biaya paket data dan komunikasi tersebut bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan dan kegiatan operasional.

Biaya paket data dan komunikasi itu diberikan kepada pejabat setingkat Eselon I dan II atau yang setara sebesar Rp 400 ribu per orang per bulan. Selanjutnya, pejabat setingkat Eselon III atau yang setara ke bawah sebesar Rp 200 ribu per bulan per orang.

Bendahara negara juga memberikan biaya paket data dan komunikasi kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan daring yang bersifat insidentil.

Mereka dapat menerima biaya paket data sesuai kebutuhan paling tinggi sebesar Rp 150 ribu per orang per bulan.

“Biaya paket data dan komunikasi hanya dapat diberikan kepada pegawai yang dalam pelaksanaan tugasnya sebagian besar membutuhkan komunikasi secara daring,” terangnya.

Sementara itu, sumber dana berasal dari optimalisasi dan realokasi penggunaan anggaran. Bendahara negara menyatakan pemberian dilakukan secara selektif mempertimbangkan intensitas pelaksanaan tugas dan fungsi penggunaan media daring.

Pemberiannya juga mempertimbangkan ketersediaan anggaran serat sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik dan akuntabilitas.

KMK ini ditandatangani oleh Sri Mulyani pada Senin, 31 Agustus 2020.


Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: CNN Indonesia

Bantuan PNSbiaya paket data dan komunikasiKemenkeuPNSuang pulsa