Festival Mural Jadi Cara Desa Pengkoljagong Blora Sosialisasikan Perdes Lingkungan Hidup

MURIANEWS, Blora – Pemerintah Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Blora menggelar festival mural yang diikuti puluhan seniman dari berbagai daerah.

Acara yang diberi nama Pengkoljagong Mural Festival 2020 itu digelar dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, sekaligus sebagai sarana sosialisasi Peraturan Desa (Perdes) Pengkoljagong Nomor 06 Tahun 2020 tentang Lingkungan Hidup.

Kepala Desa Pengkoljagong Sugiyono menegaskan, pihaknya memiliki komitmen terhadap kelestarian lingkungan hidup di desanya.

Pihaknya berharap, dengan hadirnya para seniman mural dari berbagai kota itu dapat menjadi mitra sosialisasi terhadap pentingnya pelestarian lingkungan.

“Dewasa ini, banyak burung-burung yang diburu. Melalui perdes ini, kita berharap semangat penyelamatan lingkungan dapat menjadi semangat kita bersama. Kepada rekan-rekan seniman, mohon bantu kami untuk menyampaikan hal ini,” katanya.

Pengkoljagong Mural Festival 2020 itu dibuka Kepala Bidang Pariwisata Wahyu Tri Mulyani mewakili Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Kamis (20/08/2020).

Pembukaan dilakukan dengan menyemprotkan cat pada bidang mural yang telah disediakan. Rencananya, festival ini dijadwalkan berlangsung hingga 31 Agustus 2020.

Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Blora Wahyu Tri Mulyani mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Pihaknya berharap, Pengkoljagong Mural Festival 2020 dapat menjadi tonggak awal untuk menjadikan Desa Pengkoljagong menjadi Desa Wisata.

“Memang harus demikian. Di setiap desa harus ada orang-orang yang berani mengambil risiko dengan melakukan berbagai inovasi. Seperti yang dicontohkan Pak Kades Pengkoljagong ini. Setelah acara ini usai, kita akan melihat dinding-dinding bangunan di Desa Pengkoljagong menjadi penuh warna dan semakin indah,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

bloralingkungan hidupMuralPerdes