Lazismu dan RS Aisyiyah Kudus Beri Bantuan Paket Sembako untuk Ratusan Guru

MURIANEWS, Kudus – Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) RS Aisyiyah Kudus memberikan bantuan paket sembako untuk ratusan guru. Ada 693 paket sembako yang diberikan ke guru dari tingkat kelompok bermain (KB), TK, madin dan TPQ di bawah naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kudus.

Penyerahan secara simbolis dilakukan di Aula Pertemuan RS Aisyiyah Kudus, Sabtu (15/8/2020). Ketua Lazismu RS Aisyiyah Kudus Subkhan mengatakan, bantuan sembako ini merupakan program ketahanan pangan dan bentuk kepedulian dari Lazismu di RS Aisyiyah bersama Muhammadiyah Covid-19 Center (MCC) Kudus untuk berbagi di masa pandemi.

“Ini bentuk kepedulian tahap pertama untuk mengcover kebutuhan di masa pandemi, dan tidak menutup kemungkinan bisa berlanjut. Karena masih ada guru madin yang tidak mendapat gaji, guru paket KB dan TK juga ada yang gajinya tertunda karena muridnya belum masuk,” katanya.

Satu paket sembako yang diberikan senilai Rp 100 ribu yang berisi beras, minyak goreng, kecap, gula dan juga teh.

“Harapanya dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban dan mencukupi kebutuhan mereka terlebih saat pandemi seperti ini,” ujarnya.

Sementara Kepala TPQ Aisyiyah Jati Kulon Durotul Fatimah mengucapkan terima kasih kepada Lazismu RS Aisyiyah Kudus yang telah peduli dengan guru-guru KB, TK, TPQ dan juga Madin yang perekonomiannya sangat menurun drastis ditengah pandemi.

“Selama enam bulan saat pandemi ini, khususnya guru TPQ memang tidak ada penghasilan sama sekali, yang biasanya honornya Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Banyak guru yang beralih jualan keliling,” jelasnya.

Meski demikian, ia mengaku masih mendapatkan insentif Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus sebesar Rp 350 ribu yang didapatkan satu bulan sekali.

“Biasanya kalau gaji dari syahriah anak-anak. Tapi alhamdulillah TKGS selama pandemi masih tetap jalan dan tidak pernah telat,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

kuduslazismurs aisyiyah