Pendataan Rekening Dimulai, 100 Ribu Pekerja di eks-Karesidenan Pati Akan Diajukan Program Subsidi Gaji

MURIANEWS, Kudus – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus saat ini tengah melakukan pendataan nomor rekening peserta di wilayah eks-Karesidenan Pati. Hal tersebut dilakukan guna menyukseskan program subsidi gaji yang dicanangkan pemerintah.

Rencananya, akan ada 100 ribu pekerja di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus yang meliputi Kudus, Jepara, Pati, Rembang dan Blora, akan diajukan untuk mendapatkan subsidi gaji sebesar Rp 600 ribu per bulan, selama empat bulan itu.

Ishak, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus mengatakan program subsidi gaji dari pemerintah menggunakan data dari BPJS Ketenagakerjaan untuk pegawai nonPNS dan BUMN yang bergaji di bawah Rp 5 juta.

“Perusahaan bisa mendata dan mengumpulkan kepada kami, data nomor rekening setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memenuhi kriteria dari pemerintah. Jadi tugas kami mengumpulkan data, untuk verifikasinya yang menentukan dari pemerintah,” katanya, Senin (10/8/2020).

Adapun proses pengumpulan data nomor rekening bisa dilakukan melalui berbagia cara.

Di antaranya, bagi perusahaan yang sudah menggunakan SIPP, maka proses pengumpulan data rekening menggunakan SIPP dengan versi yang sudah ditambahkan elemen data nama bank, nomor rekening, dan nama rekening.

Sementara perusahaan yang belum menggunakan SIPP maka pelaporan bisa menyampaikan data dengan  format file yang akan dilampirkan pada email, dan kemudian dapat dilengkapi nama bank, nomor rekening dan Nama Rekening.

“Kami targetkan pengumpulan nomor rekening rampung akhir pekan ini. Agustus ini mengumpulkan data-data semua peserta yang memenuhi syarat berserta nomor rekeningnya. Untuk pencairanya kapan itu wewenang dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Ia menyatakan, untuk BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus memang menargetkan 100 ribu pekerja akan diajukan untuk mendapatkan subsidi gaji.

“Mereka yang memenuhi syarat dengan gaji di bawah Rp 5 juta dan aktif dalam membayar iuran. Harapan kami data bisa segera dilengkapi untuk kami kirim pada bulan ini,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

BPJS Ketenagakerjaankuduspatisubsidi gaji