Jumlah Pencari Kerja di Blora Capai 933 Orang, Didominasi Lulusan SMA

MURIANEWS, Blora – Jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Blora masih cukup tinggi di masa pandemi ini.

Plt Kepala Dinperinaker Blora Achmad Nurhidayat mengungkapkan, jumlah pencari kerja yang sudah terdaftar hingga saat ini ada 933 orang. Terdiri dari 482 laki-laki dan 451 perempuan yang didominasi oleh lulusan SMA sederajat.

”Sedangkan lowongan kerja yang tersedia ada 251 posisi. Adapun pekerja migran yang pulang ke Blora ada 28 orang. Ada enam yang dideportasi, enam pulang dengan sendirinya dan semuanya dibiayai oleh pemerintah,” jelasnya.

Pihaknya juga terus mengaktifkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk memberikan pelatihan kerja kepada masyarakat. Salah satunya adalah pelatihan menjahit, utamanya menjahit masker yang saat ini banyak dibutuhkan masyarakat.

Ia menambahkan, saat ini dunia perhotelan di Blora mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan, kecuali dua hotel (Allium dan Same Hotel Cepu) yang masih belum beroperasi.

Pihaknya mengajak seluruh pelaku industri, dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) untuk terus melakukan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan produksinya agar tenaga kerja tetap sehat dan produktif.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

#lowonganbloralokerPencari Kerja