Ringankan Beban Siswa, SMPN 2 Rembang Sampaikan Materi Pelajaran Lewat Radio

MURIANEWS, Rembang – Selama pembelajaran jarak jauh (PPJ) di masa pandemi Covid-19, banyak sekolah memanfaatkan aplikasi video conference atyau aplikasi perpesanan seperti WhatsApp untuk menyampaikan materi dan tugas. Namun SMP Negeri 2 Rembang juga berinovasi, agar tak terlalu membebani perekonomian orang tua siswa.

Sekolah ini memilih menyampaikan materi pendidikan kepada siswanya melalui sarana radio. Sekolah ini bekerja sama dengan Radio Citra Bahari FM (CBFM) untuk proses ini.

Kegiatan ini pun sudah mulai dimulai sejak Senin (20/7/2020) dan dianggap lebih meringankan beban siswa dan orang tua, ketimbang harus memanfaatkan fasilitas online.

Jika melalui online siswa harus standby di depan laptop atau HP yang tersambung dengan internet. Sehingga mau tidak mau, orang tua siswa harus mengeluarkan kocek lebih untuk membeli kuota internet.

Sementara jika menggunakan radio, siswa tak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Kepala SMPN 2 Rembang Nur Hasan dikutip dari CBFM mengatakan, setiap hari ada dua materi pelajaran yang disampaikan melalui radio.

”Sudah dimulai Senin, dan setiap harinya ada dua mata pelajaran dengan narasumber dari guru-guru mata pelajaran itu,” katanya.

Ia juga menyebut jika biaya pembelajaran melalui radio ini diakuinya lebih murah dan hemat. Rencananya pembelajaran melalui radio CBFM ini rutin dilakukan setiap bulannya pada pekan kedua selama sepekan penuh.

“Keuntungannya para bapak ibu guru bisa menyampaikan materi langsung di radio dan didengarkan oleh siswa di rumah. Dan ini biayanya ya cukup murah dibanding dengan daring yang lain, artinya siswa tak perlu beli kuota,” uajrnya.

Untuk menjamin kualitas pembelajaran ini, para siswa juga diberi tugas seputar materi yang disampaikan guru di radio. Selain melalui radio, SMPN 2 Rembang juga tetap melaksanakan pembelajaran via daring di berbagai media sosial.

Sementara itu Plt Direktur Utama LPPL Radio Citra Bahari, Arif Dwi Sulistya mengatakan rencananya program ini akan berlangsung selama satu semester. Hal tersebut sesuai dengan fungsi penyiaran sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran, yaitu sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol dan perekat sosial.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

ppjradiosekolah daringsmpn 2 rembang