Sempat Dinyatakan Reaktif oleh GTPP Covid-19 Pati, Dua Seniman Ini langsung Swab Mandiri, Ini Hasilnya

MURIANEWS, Pati – Dua seniman Pati yang sempat dinyatakan reaktif oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, usai melakukan aksi doa bersama di Alun-alun Pati beberapa waktu lalu, akhirnya melakukan swab test mandiri.

Dua seniman itu adalah Gunarto Warga Desa Bakaran, Kecamatan Juwana dan Giyono warga Tayu. Keduanya melakukan swab di RS Mardi Rahayu, Kudus.

“Hari ini hasil swab-nya sudah diberikan kepada saya dan hasilnya negatif,” terang Gunarto saat diwawancara, Jumat (17/7/2020).

Dia menceritakan, pada saat aksi doa bersama di Alun-alun Pati itu, memang ada beberapa seniman yang di-rapid test ketika hendak masuk di Setda Pati. Setelah tiga jam, dua orang temannya dipanggil oleh salah seorang dokter.

“Pada saat audiensi di Setda itu, saya dipanggil dokter dan dinyatakan reaktif. Saya juga kaget. Mau diisolasi di Hotel Kencana, tapi saya menolak,” imbuhnya.

Kemudian Gunarto dan Giyono pun melakukan rapid test ulang secara mandiri di RS Mardi Rahayu, Kudus. Hasilnya pun keduanya dinyatakan nonreaktif.

Namun, karena beredar kabar yang sebelumnya dinyatakan reaktif, keluarga Gunarto pun sempat di-rapid test oleh GTPP Covid-19 Pati. Bahkan ibu Gunarto sendiri diisiolasi di Hotel Kencana.

“Pada saat ibu saya didatangi petugas (GTPP Covid-19), kebetulan saya tidak ada di rumah. Tapi ibu dipaksa isolasi di Hotel Kencana,” terangnya.

Setelah dinyatakan reaktif itu, lanjutnya, dia langsung isolasi mandiri di tengah tambak miliknya. Sementara keluarganya, diakui terjadi guncangan lantaran stigma dari masyarakat.

“Ketika rapid test mandiri sudah keluar dan dinyatakan nonreaktif, Kades juga tetep tidak percaya,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan, apa yang dikatakan oleh Ketua GTPP Covid-19 Pati bahwa dirinya reaktif, itu tidak benar. Sehingga pihaknya lebih percaya pada hasil rapid test mandiri.

“Tidak benar (kalau reaktif covid-19). Saya yakin, saya dalam keadaan sehat-sehat saja,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Covidpatirapid testReaktifSeniman