Nakes Positif Corona, Empat Puskesmas di Sukoharjo Ditutup

MURIANEWS, Sukoharjo – Empat puskesmas di Kabupaten Sukoharjo ditutup hingga 29 Juli 2020 setelah beberapa tenaga kesehatan (nakes) di masing-masing puskesmas tersebut dinyatakan positif Corona atau Covid-19.

Keempat puskesmas tersebut adalah Puskesmas Sukoharjo, Kartasura, Bulu, dan Mojolaban. Upaya penutupan ini sekaligus untuk memutus rantai penyebaran virus Corona supaya tak melebar.

Dikutip dari Solopos.com, Puskesmas Sukoharjo lebih dahulu ditutup pada 14 Juli 2020. Hal ini seiring diketahuinya empat nakes di puskesmas tersebut yang dinyatakan positif.

Baca: Dokter dan 16 Nakes Terpapar Corona, Puskesmas Mlonggo Jepara Ditutup

Setelah itu, baru tiga puskesmas lainnya ditutup per hari ini (16/7/2020). Hanya, keempatnya sama-sama ditutup hingga 29 Juli mendatang.

“Ada tiga puskesmas yang per hari ini ditutup sampai tanggal 29 Juli nanti. Ketiga puskesmas ini Kartasura, Bulu dan Mojolaban. Puskesmas ditutup karena ada temuan nakes positif Corona,” kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Kamis (16/7/2020).

Yunia menjelaskan dengan ditutupnya layanan kesehatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat sekitar dialihkan ke puskesmas terdekat. Untuk layanan kesehatan bagi warga di wilayah Kecamatan Bulu dialihkan ke Puskesmas Tawangsari dan Nguter.

Baca: Dua Dokter Kakak Beradik di Semarang Meninggal Karena Corona

”Begitu pula dengan warga di Kecamatan Mojolaban bisa menggunakan layanan kesehatan di puskesmas Polokarto dan Grogol,” ungkapnya.

Sedangkan untuk warga Kartasura, tambah dia, pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Baki dan Puskesmas Gatak.

Yunia menyebutkan, dari catatan GTPP terjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 25 orang di Kabupaten Sukoharjo yang didominasi nakes di layanan kesehatan dasar yakni puskesmas.

Baca: Insentif untuk Nakes Covid-19 di Kudus Diusulkan Sebesar Rp 3,7 Miliar

Ia memerinci tenaga kesehatan di puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk Puskesmas Mojolaban ada 11 nakes, Puskesmas Kartasura 13 nakes, dan Puskesmas Bulu empat nakes.

Sebagian besar nakes tersebut merupakan nakes yang bertugas di puskesmas yang kini ditutup. Mereka sebagian tidak berdomisili di Sukoharjo, sehingga tidak masuk dalam data kasus Corona Sukoharjo.

Yunia mengatakan masih menelusuri sumber penularan Covid-19 terhadap tenaga kesehatan di puskesmas tersebut. Diduga, nakes di lini pelayanan kesehatan dasar ini tertular saat melacak kontak erat pasien Covid-19.

Baca: Perawat dan Dokter Positif Corona, RS Swasta di Pedan Klaten Ditutup Sementara

Merujuk data Gugus Tugas, penambahan 25 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Sukoharjo per Rabu tersebar di tujuh kecamatan.

Di antaranya Kecamatan Bulu empat orang, Sukoharjo empat orang, Bendosari satu orang, Polokarto dua orang, Mojolaban enam orang, Grogol dua orang dan Kartasura enam orang.

Mereka merupakan klaster nakes dan kontak erat dengan kasus Corona sebelumnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

#sukoharjoditutuppuskesmas