Reaktif Rapid Test, Tiga Pedagang Pasar Jekulo Kudus Akan Jalani Swab Test

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak tiga dari sepuluh pedagang Pasar Jekulo Kudus yang menjalani rapid test Selasa (15/7/2020) kemarin mendapatkan hasil reaktif. Sementara tujuh lainnya nonreaktif.

Sepuluh pedagang yang di-rapid test itu merupakan kontak erat dari satu pedagang Pasar Jekulo yang meninggal dunia dengan status positif corona.

“Ada tiga yang reaktif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi, Rabu (15/7/2020) siang.

Mereka, lanjut Andini, akan dijadwalkan menjalani swab test untuk penegakan diagnosis. Untuk sementara, tiga pedagang yang reaktif diminta untuk menjalankan isolasi mandiri. “Sembari menunggu jadwal swab, mereka harus jalani isolasi mandiri dulu,” kata dia.

Sementara terkait kondisi pasar saat ini, pihak Gugus Tugas belum mengeluarkan rekomendasi penutupan pasar.

Rekomendasi, lanjut dia, baru akan dikeluarkan jika hasil swab tiga pedagang keluar dengan hasil positif Covid-19. “Jika tidak, maka tidak akan ditutup,” ujarnya.

Baca: Satu Pedagang Pasar Jekulo Meninggal Positif Corona, 10 Pedagang Dirapid Test

Namun, pihaknya tetap akan mengevaluasi penerapan protokol kesehatan di area Pasar Jekulo. Hal tersebut juga akan menjadi pertimbangan ditutup atau tidaknya pasar tersebut.

Pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus juga belum akan menutup Pasar Jekulo Kudus, usai ada satu orang pedagang yang meninggal dengan status positif corona.

Diberitakan sebelumnya, sepuluh pedagang di Pasar Jekulo dirapid test kemarin. Mereka merupakan pedagang yang memiliki kontak erat dengan satu pedagang positif corona yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Camat Jekulo Wisnubroto Purnawarman Jayawardana mengatakan, sepuluh pedagang tersebut, terdiri dari lima pedagang di blok ikan dan lima pedagang di blok kelontong.

Mereka yang dirapid adalah pedagang yang berdekatan dengan kios pedagang yang meninggal. Kebetulan pedagang yang meninggal memiliki dua kios.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

covid-19kuduspasar jekulopositif coronarapid testswab test