Dokter RSUD Purwodadi Positif Corona Meninggal, Bupati dan Rekan Beri Penghormatan

MURIANEWS, Grobogan – Seorang dokter yang bertugas di RSUD Purwodadi meninggal dunia setelah berjuang melawan Covid-19. Dokter bernama Sovian Endy Pradjoko itu meninggal saat menjalani perawatan di RS Moewardi Solo, Rabu (8/7/2020) sekitar pukul 16.15 WIB.

Jenazah dokter berusia 41 tahun yang sudah bertugas sekitar 10 tahun di RSUD Purwodadi itu langsung dimakamkan di Desa/Kecamatan Tawangharjo pada Kamis (9/7/2020) dinihari tadi. Sebelum dimakamkan, ambulans yang membawa jenazah dokter Endy sempat singgah di RSUD Purwodadi.

Ambulans RS Moewardi dengan nomor polisi AD 9590 CU itu tiba di RSUD Purwodadi sekitar pukul 23.00 WIB. Puluhan pegawai RSUD Purwodadi yang bertugas malam itu membuat barikade di pelataran untuk memberikan penghormatan terakhir.

Bupati Grobogan Sri Sumarni hadir pula untuk memberikan penghormatan pada jenazah dokter yang sebelumnya bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Purwodadi itu.

Tampak pula, Dandim Grobogan Letkol Asman Mokoginta, Kapolres Grobogan AKPB Jury Leonard Siahaan, Sekda Grobogan Moh Sumarsono, Kepala BPBD Endang Sulistyonongsih, Kepala Dinkes Slamet Widodo, mantan Direktur RSUD Purwodadi Bambang Pujiyanto dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu, sempat dibacakan riwayat singkat dokter Endy dan pembacaan doa. Setelah itu, ambulans berangkat lagi menuju lokasi pemakaman yang sudah disiapkan.

Dari pelataran hingga pintu gerbang RSUD Purwodadi, ada sejumlah tenaga medis yang berjalan di depan ambulans sambil menaburkan bunga.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni menyatakan duka cita yang mendalam atas meninggalnya dokter tersebut.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkab Grobogan mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya dokter Endy. Beliau ini merupakan salah satu petugas garda terdepan yang menangani langsung pasien yang terkena Covid-19,” katanya.

Menurutnya, sebelumnya sudah ada perawat yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Oleh sebab itu, ia meminta seluruh masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

Sementara itu, Sekda Grobogan Moh Sumarsono yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Purwodadi menambahkan, dokter Endy dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang diterima hari Minggu (5/7/2020) lalu.

Selanjutnya, para tenaga kesehatan yang bertugas di IGD langsung diisolasi dan menjalani rapid test maupun uji swab. Adapun hasilnya negatif semua.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

dokter coronadokter meninggalGROBOGANrsud purwodadi