Hendak Kembali ke Lirboyo, Puluhan Santri di Pati Dirapid Tes

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 93 santri di Pati yang mondok di Pesantren Lirboyo, Kediri, di-rapid tes, Sabtu (4/7/2020). Rapid tes itu dilakukan secara gratis yang diselenggarakan oleh RMI bersama Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati.

Ketua PCNU Pati KH Yusuf Hasyim mengatakan, rapid tes ini dilakukan secara gratis. Tahap pertama memang untuk santri Pati yang mondok di Lirboyo. Sebab, pada 6 Juli lusa, mereka berangkat ke Lirboyo.

“Tanggal 6 Juli, mereka akan diberangkatkan ke Lirboyo dari Gedung Haji dengan menggunakan empat armada Bus,” katanya, Sabtu (4/7/2020).

Pihaknya juga akan berupaya untuk terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pati untuk memfasilitasi rapid tes tersebut. Hal ini untuk mmebantu para santri agar bisa kembali ke pesantren.

“Kita berupaya semaksimal mungkin agar para santri ini bisa kembali ke pesantren,” imbuhnya.

Sementara Ketua RMI Pati KH Liwa’udin menyebut, sebelumnya juga sudah ada rapid tes kepada 150 santri pada yang hendak kembali ke Gontor. Kemudian hari ini memang khusus untuk santri Lirboyo.

“Kedepan kita upayakan untuk rapid tes santri Yanbu’ Kudus,” terangnya.

Ia mengaku, setidaknya ada 500an santri yang membutuhkan rapid tes, sebelum mereka kembali ke pondok.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

GTPP Covid-19LirboyoPondok Pesantrenrapid testSantri