Lahir 1 Juli Tapi Belum Punya SIM? Datang Saja ke Polres Kudus Akan Diberi Layanan Khusus

MURIANEWS, Kudus – Bagi kamu yang lahir pada tanggal 1 Juli dan hendak mengurus surat izin mengemudi (SIM), ada layanan khusus yang tengah diberikan Polres Kudus. Mereka yang lahir pada tanggal ini tak perlu mengeluarkan biaya saat mengajukan SIM baru atau perpanjangan.

Program ini hanya akan berlaku pada tanggal 1 Juli 2020 lusa. Kuotanya pun terbatas, hanya untuk 50 orang saja.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega membenarkan hal ini. Menurut dia, program ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke-74 Bhayangkara, yang jatuh pada 1 Juli 2020.

Menurut dia, 50 orang ini tak perlu mengeluarkan biaya untuk pengurusan SIM lantaran biaya sudah ditanggung pihak sponsor.

“Untuk warga Kudus, baik yang membuat SIM baru ataupun perpanjangan, seluruh biaya akan ditanggung oleh sponsor,” katanya, Senin (29/6/2020).

Ia menyebut, untuk pemohon SIM baru syaratnya harus lulus tes kesehatan, ujian teori, psikologi maupun praktik. Jika semua persayaratan sudah terpenuhi, dan kuota masih tersedia maka layanan ini bisa dinikmati.

“Bagi yang tanggal lahirnya 1 Juli, datang ke kantor pelayanan SIM saja. Bawa saja KTP dan KK, di pendaftaran bilang saja kalau mau daftar layanam SIM khusus 1 Juli. Kalau memenuhi syarat dan kuota masih, otomatis akan terdaftar dan diarahkan lebih lanjut,” jelasnya.

Selain itu, ada syarat tersendiri bagi pemohon SIM yakni harus menjalankan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Seperti menggunakan masker, cuci tangan, cek suhu badan dan menerapkan physical distancing.

“Bagi para pemohon SIM  baik baru ataupun perpanjangan, diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” ujarnya.

Ia juga mengimbau agar warga Kudus bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin.

“Bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan bisa segera mengurus kelengkapan syarat administrasinya mulai sekarang. Jadi nanti tanggal 1 Juli tinggal pelaksanaan teknis saja,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

hari bhayangkaraPolres KudusSIM Gratis