Dari Suara Sapi Ribut, Kebakaran di Pengkol Grobogan Akhirnya Bisa Ketahuan

MURIANEWS, Grobogan – Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Pengkol, Kecamatan Penawangan, Grobogan Sabtu (30/5/2020) dini hari. Kebakaran yang berlangsung sekitar pukul 00.30 WIB itu menimpa rumah Suwarto (40), warga RT 02, RW 02.

Saat kebakaran berlangsung, penghuni rumah masih tidur lelap. Kebakaran tersebut kali pertama diketahui Lilik Susanti (18), tetangga korban.

Saat itu, Lilik terbangun dari tidur karena mendengar suara sapi ribut dan mencium bau benda terbakar dari arah kandang tetangganya.

Kemudian, ia memberanikan diri keluar rumah untuk mencari tahu apa yang terjadi.

Setelah diperiksa, ia melihat kandang sapi tetangganya sudah terbakar. Melihat kejadian itu, Lilik segera membangunkan penghuni rumah sambil beteriak minta tolong.

Mendengar teriakan itu, puluhan warga segera berdatangan dan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Salah seorang warga segera mengubungi kantor Damkar Grobogan untuk meminta bantuan.

Perjuangan warga dibantu petugas untuk menjinakkan api akhirnya berhasil dilakukan satu jam kemudian.

Berkat kesigapan warga dan petugas damkar, bangunan rumah utama bisa diselamatkan dari amukan api.

Meski demikian, bangunan rumah bagian belakang berukuran 6×6 meter yang digunakan untuk kandang hampir seluruhnya terlalap api.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kejadian tadi. Penghuni rumah berhasil dibangunkan saat kebakaran terjadi. Untuk kerugian ditaksir sekitar Rp 5 juta,” kata Kapolsek Penawangan AKP Saptono Widyo.

Menurutnya, kebakaran itu kemungkinan dipicu dari api bediang atau perapian sapi yang menjalar ke tumpukan jerami kering.

Sebelum kejadian, pemilik rumah memang sempat menyalakan bediang untuk mengusir nyamuk di kandang sapi.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

GROBOGANkebakaranSapi
Comments (0)
Add Comment