Ratusan Warga Terdampak Corona di Kelurahan Purwodadi Dikucuri BST

MURIANEWS, Grobogan – Selain di desa, program bantuan sosial untuk warga terdampak pandemi virus corona atau Covid-19 juga disalurkan bagi warga di kawasan perkotaan. Salah satunya adalah Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dibagikan untuk warga Kelurahan/Kecamatan Purwodadi, Grobogan.

Lurah Purwodadi Hendro Sutopo mengungkapkan, jumlah warganya yang mendapatkan BST sebanyak 634 KK yang tersebar di 23 RW. Masing-masing mendapat bantuan uang tunai senilai Rp 600 ribu per bulan, selama kurun waktu tiga bulan.

“BST untuk warga Kelurahan Purwodadi ini sudah kami salurkan hari Minggu kemarin. Tiap KK menerima bantuan Rp 600 ribu yang diterimakan secara tunai oleh petugas dari PT POS Purwodadi,” katanya, Senin (18/5/2020).

Menurut Hendro, warga yang menerima BST ini merupakan mereka yang terdampak Covid-19 dan kondisinya mengacu pada sembilan persyaratan yang ditentukan pemerintah sebagai penerima bantuan.

Para penerima BST ini sebelumnya juga belum pernah tercatat dalam program bantuan sosial PKH, BPNT, maupun dari Provinsi Jateng dan Pemkab Grobogan.

Hendro meminta kepada seluruh ketua RT dan RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kota Purwodadi ini agar ikut memberikan pemahaman kepada warga terkait mekanisme dan aturan pemberian bantuan itu. Hal ini perlu dilakukan agar tidak timbul komplain atau salah paham pada masyarakat.

“Namanya bantuan, sudah tentu tidak akan mungkin mencukupi semuanya. Untuk warga yang belum dapat program bantuan sosial silahkan lapor RT atau RW. Nantinya, mereka ini akan kita masukan dalam jejaring sosial dana tidak terduga dari dana kelurahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinsos Grobogan Kurniawan menjelaskan, penyaluran BST dalam bentuk uang tunai dari Kementerian Sosial untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19 mulai disalurkan sejak Rabu (13/5/2020).

Penyaluran BST ini dilakukan oleh Dinas Sosial Grobogan bekerja sama dengan PT POS Purwodadi.

Dijelaskan, kuota BST dari Kementerian Sosial di Kabupaten Grobogan sebanyak 37.243 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Para penerima ini akan mendapatkan BST sebesar Rp 600 ribu per KPM per bulan dalam kurun waktu tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020.
Untuk penyalurannya, dilakukan secara bertahap mulai bulan Mei ini. Penyaluran BST tahap pertama sudah disalurkan pada 5.018 KPM melalui Himpunan Bank Negara (Himbara). Yakni, BRI, BNI, BTN dan Bank Mandiri.

“Untuk penerima sebanyak ini, mekanisme penyalurannya melalui top up BST langsung ke rekening masing-masing KPM,” ungkapnya.

Sedangkan tahap selanjutnya disalurkan oleh PT POS. Pada tahap ini ada 23.754 KPM yang menerima berdasarkan data berita acara yang diperoleh dari Kementerian Sosial.

Sedangkan penyaluran BST untuk sekitar 9 ribu KPM lainnya akan dilakukan pada tahap selanjutnya, menunggu surat dari Kementerian Sosial.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

BLTBSTGROBOGAN
Comments (0)
Add Comment