Tiba di Grobogan, 16 Repatriasi dari Timor Leste Langsung Dicek Kesehatan

MURIANEWS, Grobogan – Sebanyak 16 warga negara Indonesia (WNI) melakukan repatriasi atau pulang ke tanah asal dari Timor Leste menuju Grobogan.

Mereka tiba di Grobogan Sabtu (16/5/2020) dinihari, setelah menempuh perjalanan darat dari Bandara Juanda Surabaya.

Sesampai di Grobogan, belasan pekerja yang naik bus itu langsung diarahkan menuju kantor Dinas Kesehatan setempat untuk didata dan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Keenam belas orang ini berasal dari Kecamatan Toroh, Purwodadi, Penawangan, dan Pulokulon.

Kepala Dinas Kesehatan Grobogan Slamet Widodo mengatakan, saat berada di Bandara Juanda, mereka juga sudah diperiksa kondisi kesehatannya oleh petugas.

Bahkan, mereka juga sudah sempat di-rapid test dan hasilnya nonreaktif semua.

“Kedatangan mereka itu sudah dilengkapi beberapa dokumen pemeriksaan kesehatan. Meski demikian, kondisinya tetap kita cek lagi begitu sampai di Grobogan,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan para WNI itu dinyatakan sehat, dan langsung diperbolehkan pulang. Meski demikian, mereka diminta tetap menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dalam kurun waktu 14 hari.

Dalam masa isolasi itu, pihaknya akan tetap melakukan monitoring untuk mengecek kondisi kesehatannya.

“Mereka kami minta isolasi mandiri di rumah karena kondisinya sehat. Kecuali kalau ada yang rapid testnya reaktif baru diisolasi di rumah sakit guna menjalani pemeriksaan kesehatan lebih lanjut,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

GROBOGANrepatriasiTimor LesteWNI