Gasak Uang Kotak Amal Masjid di Grobogan Pakai Lidi, Pria Asal Jepara Diamankan

MURIANEWS, Grobogan – Aksi pencurian uang kotak amal terjadi di Masjid Sabililah Dusun Mojolegi, Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan. Pelakunya seorang pria bernama Ahmad Amin (38), warga Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.

Pelaku diamankan warga yang memergoki aksi pencurian tersebut, Jumat (15/5/2020) sore.

Kapolsek Toroh AKP Sucipto ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya peristiwa itu. Menurutnya, uang yang dicuri pelaku totalnya Rp 644.500.

“Pelaku sudah kami amankan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Bersama pelaku diamankan barang bukti sepeda motor, uang sebanyak Rp 644.500, dan satu buah kotak amal warna hitam,” katanya.

Sebelum melakukan aksinya sekitar pukul 16.30 WIB, pelaku sempat salat asar di masjid tersebut. Saat itu, suasana masjid yang berada di pinggir jalan raya Purwodadi-Solo tersebut memang sepi.

Tidak lama berselang, pelaku mendatangi tempat tumpukan Al-Quran dan mengambil dua batang lidi yang ada di situ.

Lidi ini ternyata digunakan pelaku untuk mengait uang supaya bisa keluar dari lubang kotak amal.

Dengan cara ini, pelaku berhasil mengeluarkan banyak uang kertas maupun koin yang ada dalam kotak amal.

Kemudian, uang itu dimasukkan dalam bagasi di bawah jok sepeda motor Honda Beat bernomor polisi AB 3441 QS milik pelaku.

Setelah berhasil menggasak uang, pelaku tidak langsung pergi. Tetapi, ia kembali masuk ke dalam masjid untuk mengambil sejumlah uang yang masih berceceran di lantai.

Tindakan inilah yang akhirnya mengakibatkan aksinya ketahuan salah satu takmir masjid. Selanjutnya, takmir masjid ini menghubungi warga sekitar.

Beberapa saat kemudian, warga sudah berdatangan dan berhasil meringkus pelaku untuk selanjutnya diserahkan pada polisi.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

GROBOGANkotak amalPencurian