Enam PDP Jepara Sembuh, ODP Malah Tambah Jadi 228 Orang

MURIANEWS, Jepara – Jumlah Pasien dalam Pengawasan (PDP) di Jepara terus meningkat. Hingga Rabu (1/4/2020) sore ini, jumlah PDP Jepara yang semula hanya 18 orang kini menjadi 26 orang. Meski begitu, enam orang di antaranya dinyatakan sembuh dan negatif corona.

Berdasarkan pantauan data di website corona.jepara.go.id selain enam orang yang sembuh, masih ada 19 orang yang dirawat di fasilitas kesehatan dan masih mendapatkan pengawasan dari Tim Medis Jepara. Bahkan, satu orang juga diketahui masih dirawat di luar daerah.

Kenaikan juga terjadi pada status Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Jepara. Sampai berita ini ditayangkan tercatat ada 228 orang yang masuk dalam status ini. Rinciannya, ada sebanyak 222 orang yang masih terus dalam proses pemantauan. Sedangkan enam orang lainnya sudah selesai dalam pemantauan. Meski begitu, sejauh ini belum ditemukan kasus positif covid-19 di Jepara dan masih nihil.

Baca: Cerita Mantan PDP Asal Jepara saat Isolasi Diri: Rajin Minum Vitamin, Berkebun, dan Yakin Sembuh

Humas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Muslimin, menyatakan jumlah lonjakan pada jumlah PDP dan ODP memang dimungkinkan terjadi. Hal ini karena koordinasi Tim Satgas Covid-19 sudah mulai sampai di tingkat bawah.

Dalam tiga hari terakhir, masing-masing desa mulai memberikan data-data terhadap potensi kemungkinan penyebaran Covid-19. Sehingga dengan demikian hal ini justru bisa menjadi lebih baik bagi upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Satu hal yang menggembirakan, saat ini pengawasan dan pemantauan sudah dilakukan sampai ke tingkat bawah. Masing-masing RT melaporkan ke Desa, yang selanjutnya sampai ke Tim Satgas Covid 19 Jepara. Dengan demikian pemantauan dapat lebih intens dilakukan jika terjadi apa-apa,” jelas Muslimin, Rabu (1/4/2020).

Baca: Hanya Dapat 30, Rapid Test Corona Jepara Habis untuk Tim Medis di RSUD Kartini

Meski jumpa PDP banyak, namun sampai saat ini semuanya masih dalam tahap observasi. Proses ini tetap memerlukan kehati-hatian dalam penganannya. Di Jepara saat ini tidak ada yang dirawat isolasi. Hanya satu yang tercatat saat ini sudah dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan.

Jumlah ini diperkirakan akan meningkat, hingga proses pendataan di masing-masing desa dan RT terhadap warga yang mudik, selesai. Sejauh ini meski jumlahnya semakin banyak, diharapkan semua tidak ada masalah.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

coronajeparaodppdp
Comments (0)
Add Comment