Warga Jateng Kini Bisa Pantau Peta Sebaran Covid-19 Hingga Tingkat Desa

MURIANEWS, Semarang – Warga di Jawa Tengah kini bisa memantau sebaran kasus Covid-19 sampai ke tingkat kelurahan atau desa melalui laman corona.jatengprov.go.id. Dalam laman ini bisa dipantau berapa dan di mana saja sebaran orang yang sudah dinyatakan positif terpapar corona.

Selain itu, juga bisa dilihat berapa banyak dan di titik mana saja warga yang berstatus Pasien dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang dalam Pemantauan (ODP).

Dalam lama ini jika Anda membukanya melalui ponsel, bahkan bisa mendeteksi kasus yang ada di sekitar Anda. Dengan jarak mulai dari 500 meter, satu kilometer, hingga tiga meter bisa terdeteksi apakah ada kasus Covid-19 di jarak tersebut atau tidak.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, pembaruan data persebaran Covid-19 ini dimaksudkan agar masyarakat paham dan peduli pada kondisi wilayahnya masing-masing.

Tangkapan layar update kasus Covid-19 di Jateng. (MURIANEWS/Istimewa)

Dia berharap ini tidak membuat masyarakat panik, sebaliknya turut membantu pemerintah memutus persebaran virus ini dengan tetap tinggal di rumah.

“Kami buat seperti itu agar semua paham. Misalnya di daerah ini berstatus hijau dan masih aman, maka harus diproteksi bersama-sama. Nah kalau yang zona merah, maka harus diurus bersama-sama. Kalau sudah merah, dan mewajibkan semua orang harus berada di rumah, ya jangan ngeyel,” kata Ganjar, Rabu (1/4/2020).

Menurut dia, dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang kondisi kasus Covid-19 di sekitarnya, diharapkan masyarakat lebih peka untuk menjaga diri agar tidak terpapar. Yakni dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah.

Ganjar pun mengapresiasi masyarakat yang makin paham dan peduli terhadap perkembangan wabah ini.

“Saya bangga dan terharu, karena masyarakat mulai peduli dengan kasus ini. Mereka banyak yang mendukung pemerintah untuk tetap di rumah, memberikan bantuan dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Hingga Rabu (1/4/2020) pagi, di laman tersebut tercatat jumlah pasien positif corona sebanyak 92 kasus. Dari jumlah itu, empat orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Kemudian tujuh orang meninggal dunia, dan sisanya yakni 81 pasien masih dalam perawatan intensif di sejumlah rumah sakit. Sementara jumlah PDP tercatat sebanyak 406 pasien, dan ODP sebanyak 9.434 kasus.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

coronacovid-19Ganjar PranowoPemprov Jateng
Comments (0)
Add Comment