Ramayana dan Matahari Kudus Tutup untuk Cegah Corona, Hypermart Tetap Buka

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah pusat perbelanjaan di Kabupaten Kudus menutup sementara gerainya mulai Selasa (31/3/2020) hari ini. Dua di antaranya yakni Ramayana Kudus dan Matahari Departemen Store di kompleks Kudus Extension Mall.

Penutupan dua pusat perbelanjaan tersebut dilakukan guna mendukung upaya pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus corona di Kabupaten Kudus.

Manajer Mal Ramayana Kudus Moh Ali Mas’ad mengatakan, pihaknya akan menutup gerai hingga, 17 April 2020 mendatang. Namun bisa saja, gerainya buka lebih awal jika keadaan dirasa mulai stabil.

“Jika memang sudah stabil maka bisa kami buka kembali meski belum sampai batas akhir tutup. Stok Lebaran kami juga sudah siap,” ucapnya Selasa (31/3/2020).

Untuk hari ini, lanjut Ali, pihaknya menginstruksikan para karyawan untuk membersihkan gerai serta mengecek kondisi barang maupun ruangan. Dikarenakan gerai mereka akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama. “Hari ini bersih-bersih saja,” lanjutnya.

Walau demikian, pihaknya tetap akan menugaskan petugas keamanan untuk tetap menjaga gerai selama 24 jam secara bergantian. Staf gerai juga akan diatur jadwalnya untuk mengontrol kondisi dalam gerai.

Ali menambahkan jika hitungan libur karyawan dianggap cuti dan akan dipotong dari hak cuti masing-masing pegawai.  “Karyawan selama libur kami harapkan tetap di rumah,” tekannya.

Di sisi lain, pihak Hypermart Kudus masih akan membuka gerainya. Namun, pembatasan jam operasional akan dipadatkan.

Yakni Senin sampai Kamis buka pukul 11.00 WIB hingga 20.00 WIB. Sementara Jumat sampai Minggu buka pukul 11.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB.

”Kami atur jam bukanya saja, karena kami jual sembako,” ucap Departement Manager Food dan Drink Agus Sri H.

Sementara terkait imbas corona, Agus mengatakan jika pengunjungnya memang tidak terlalu ramai. Namun dari segi transaksi penjualan ada kenaikan. Terutama pada komoditas-komoditas sekunder dan primer. “Seperti sabun dan sembako,” lanjutnya.

Namun, kata Agus, untuk pembelian sembako, pihaknya memberlakukan pembatasan. Meskipun fenomena borong bahan pokok seperti gula,beras, telur dan minyak belum ditemukan di gerainya tersebut.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

coronacovid-19kudusmatahari mallRamayana
Comments (0)
Add Comment