Kades di Pati Diminta Aktif Mendata Warga dari Perantauan

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) untuk lebih aktif melakukan pendataan. Terutama kepada warga yang pulang dari perantauan di daerah pandemik.

Hal itu agar Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 di Pati dapat berjalan dengan baik. Selain itu, mereka yang teridentifikasi terpapar virus bisa secepatnya dilakukan penanganan.

Apalagi, sesuai data yang disampaikan, hingga saat ini ditetapkan 271 orang dalam pemantauan (ODP). Kebanyakan mereka merupakan warga Pati yang baru saja pulang dari luar daerah dan luar negeri.

“Untuk ODP sebanyak 338, 138 di antaranya telah melewati masa inkubasi. Jadi, masih ada 100 ODP yang kami pantau intensif. Selain itu, ada 171 ODP yang baru ditetapkan,” jelasnya saat jumpa pers di Pendapa, Jumat (27/3/2020).

Pihaknya, meminta camat dan kepala desa/lurah untuk aktif melakukan pendataan terhadap warganya yang baru saja pulang dari luar daerah dan luar negeri. Mereka bersama tenaga medis di masing-masing tingkatan diinstruksikan untuk menyisir warganya yang masuk kategori tersebut.

Dalam kesempatan itu, bupati juga menyinggung masyarakat yang masih mengabaikan arahan pemerintah untuk menjaga jarak (social distancing) dan menghindari kerumunan. Dia mengajak warga Pati untuk menyadari bersama atas kemerebakan Covid-19 sehingga harus bersama-sama melakukan pencegahan.

“Mari kita betul-betul memerhatikan kondisi saat ini, yakni merebaknya wabah corona. Jangan menganggap sepele dan ikuti imbauan pemerintah dengan menjaga jarak dan jangan berkerumun atau membuat kerumunan. Di rumah saja kalau tidak ada kepentingan mendesak dan sangat penting,” serunya.

Wakil Bupati Pati Saiful Arifin menambahkan, penanggulangan virus corona ini harus dilakukan secara bersama-sama. Masyarakat tidak perlu saling menyalahkan ataupun mengkritik.

“Kita bisa berbuat apa, ayo kita lakukan sebaik mungkin. Karena bangsa Indonesia saat ini diuji. Apa yang sudah menjadi keputusan pemerintah, mari kita lakukan. Yang paling penting, tidak saling menyalahkan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Bupati PatiGugus Tugaspenanganan Corona
Comments (0)
Add Comment