Kasus Covid-19 Melonjak, Ganjar Perintahkan Perketat Protokol Kesehatan Bagi Perantau

MURIANEWS, Semarang – Jumlah kasus Covid-19 di Jawa Tengah mengalami peningkatan yang cukup dratis. Hingga Kamis (26/3/2020) pagi, jumlah pasien yang dinyatakan positif corona naik menjadi 38 orang.

Puluhan pasien corona ini dirawat iuntensif di ruang isolasi di sejumlah rumah sakit rujukan di Jawa Tengah. Dari jumlah pasien corona ini, empat di antaranya sudah meninggal dunia.

Sementara Pasien dalam Pengawasan (PDP) tercatat sebanyak 273 orang. Dan warga dengan status Orang dalam Pemantauan (ODP) mencapai 2.858.

Menindaklanjuti hal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung memerintahkan kepada seluruh bupati/wali kota di Jawa Tengah untuk tegas dan memperketat penerapan protokolo kesehatan. Terutama bagi pendatang dan perantauan yang pulang kampung.

Pasalnya, Ganjar menemukan indikasi para perantauan mempercepat kepulangannya ke kampung halaman, setelah corona menyebar di Jakarta.

Ia menyebut, telah ada 80 bus yang membawa 1.776 penumpang dari Jakarta ke Jepara. Juga terjadi peningkatan penumpang dari Jabodetabek yang turun di terminal-terminal di Jateng.

Misalnya pada 22 Maret di Terminal Bulupitu Purwokerto ada 2.323 penumpang turun. Juga di Terminal Giri Adipura Wonogiri ada 2.625 penumpang. Situasi yang sama juga terjadi di terminal Cepu, Pemalang, kebumen, Wonosobo, Cilacap, dan lainnya.

Baca: Bertambah Lagi, Pasien Corona Meninggal di Jateng Jadi Empat Orang

“Data setiap perantau yang pulang, cek kesehatannya dan pantau terus. Protokol yang sama juga harus diterapkan di level desa, bahkan RT dan RW,” kata Ganjar.

Ganjar juga meminta warga untuk mematuhi imbauan pemerintah agar menunda bepergian. Ini mengingat terjadi lonjakan pasien terkonfirmasi Covid-19 di Jawa Tengah hingga dua kali lipat.

Ganjar mengatakan, penambahan pasien yang sangat signifikan ini harus menjadi perhatian serius.

“Jangan menyepelekan, jangan merasa kuat dan sehat lalu berbuat semau sendiri tanpa mengindahkan imbauan pemerintah. Boleh jadi Anda kuat, Anda sehat, atau imun Anda bagus, sehingga meskipun tertular Anda tidak merasakan gejala sakit. Tapi ketahuilah, Anda tetap bisa menularkan virus ini pada orang tua, istri, suami, dan anak-anakmu,” tandasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

coronacovid-19Ganjar PranowoIsolasiodppdpPemprov Jateng
Comments (0)
Add Comment