Tahapan Pilkada Serentak Ditunda, Pelantikan PPS di Grobogan Diundur

MURIANEWS, Grobogan – Sejumlah tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 termasuk Pilkada Grobogan terpaksa tidak bisa terlaksana, karena harus ditunda untuk sementara waktu.

Penundaan ini terkait dengan adanya Keputusan KPU RI No. 179/PL.02-kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19. Kemudian, ada SE KPU RI Nomor 8 Tahun 2020 tanggal 21 maret 2020 tentang pelaksanaan keputusan KPU Nomor 179/PL.02-KPT/01/KPU/III/2020 tersebut.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyatakan, surat tersebut diterima pada Sabtu (21/3/2020) malam. Padahal, pada Minggu (22/3/2020) kemarin, dijadwalkan ada pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dillaksanakan di tiap-tiap kecamatan.

“Adanya surat dari KPU RI itu langsung kita tindaklanjuti. Kita minta acara pelantikan PPS ditunda dulu. Untuk pelaksanaan pelantikan PPS menunggu keputusan KPU RI lebih lanjut,” katanya.

Selain pelantikan PPS, perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) juga tertunda. Kondisi ini menyebabkan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih yang dijadwalkan pada bulan depan juga tidak bisa dilakukan karena belum ada petugasnya.

Agung menambahkan, untuk tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah belum ada penundaan atau perubahan. Yakni, tahapan ini rencananya dilaksanakan pada Juni mendatang.

Demikian juga dengan hari H untuk sementara ini masih tetap digelar pada 23 September 2020.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

coronacovid-19pilkada groboganPilkada serentak
Comments (0)
Add Comment