Belasan Pohon Peneduh di Taman Kuliner Purwodadi Grobogan Mati

MURIANEWS, Grobogan – Aktivitas penanaman pohon baru terlihat di kawasan taman kuliner Purwodadi, Grobogan, Kamis (19/3/2020). Penanaman pohon baru dilakukan untuk mengganti pohon lama yang mati.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan Nugroho Agus Prastowo mengatakan, dari pendataan yang dilakukan, ada 15 pohon peneduh yang mati. Selanjutnya, pihaknya meminta rekanan agar segera melakukan penanaman lagi untuk mengganti pohon yang mati.

Menurut Agus, pengerjaan taman kuliner dengan anggaran sekitar Rp 4,9 miliar itu dilaksanakan CV Kusuma. Pembuatan taman yang berada di seberang kantor DLH Grobogan tersebut selesai dikerjakan pada akhir 2019 dan saat ini masih dalam masa pemeliharaan.

“Sampai saat ini, pekerjaan pembangunan taman itu masih dalam masa pemeliharaan. Sehingga, kalau ada kerusakan, termasuk matinya pohon masih jadi tanggungjawab rekanan,” jelasnya.

Agus menjelaskan, teknik penanaman yang salah diduga menjadi penyebab matinya belasan pohon peneduh itu. Di mana, saat penanaman, polybag pohon tersebut tidak dilepas sehingga pertumbuhannya terhambat dan akhirnya mati.

Selain pohon mati, ada beberapa pohon peneduh yang rusak. Kerusakan ini terjadi akibat tangan jahil oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Kami menyayangkan adanya pohon yang dirusak ini. Kami berharap masyarakat ikut menjaga hasil pembangunan taman ini,” katanya.

 

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

GROBOGANPohon MatiTaman kuliner
Comments (0)
Add Comment