Gara-Gara Pedet Ngamuk, Rumah Warga Genuksuran Grobogan Terbakar

MURIANEWS, Grobogan – Kebakaran menimpa rumah Sumadi (50), warga Dusun Doplang, Desa Genuksuran, Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Selasa (17/3/2020). Meski tidak ada korban jiwa, namun kebakaran yang terjadi sekitar pukul 09.00 WIB itu sempat bikin panik warga setempat.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran tersebut berawal dari mengamuknya pedet atau anak sapi milik Sumadi.

Saat berulah inilah, pedet berusia beberapa bulan itu sempat mengacak-acak bediang atau perapian yang ada dalam kandang. Akibat ulah pedet ini, sebagian api bediang beterbangan ke tumpukan jerami kering dan akhirnya menyebabkan kebakaran.

Tidak lama kemudian, warga sekitar sudah berdatangan untuk melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya.

Namun, upaya pemadaman sempat terkendala karena kobaran api cepat membesar. Amuk api akhirnya bisa dituntaskan setelah ada dukungan tiga armada pemadam kebakaran dari Pos Induk Purwodadi.

Kabid Damkar Satpol PP Grobogan Gogot Cahyanto menyatakan, dalam kejadian itu, hanya rumah bagian belakang yang digunakan untuk kandang dan dapur yang mengalami kebakaran.

Sementara rumah bagian depan berhasil diselamatkan karena amukan api bisa dipadamkan anggota Damkar bersama warga setempat.

Dalam kejadian itu, satu ekor indukan sapi sempat mengalami luka bakar. Namun, sapi anakannya berhasil selamat saat kandang terbakar.

“Rumah yang terbakar ada di bagian belakang dan ada satu sapi indukan yang kena luka bakar. Total kerugian material sekitar Rp 20 juta. Penyebab kebakaran diduga akibat anakan sapi yang mengamuk dan mengenai bediang,” jelasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

bediangGROBOGANkebakaranpedet
Comments (0)
Add Comment