Rembang Bagian Timur Bakal Dibangun Rumah Sakit Baru

MURIANEWS, Rembang – Di Kabupaten Rembang saat ini ada tiga rumah sakit, dan letaknya berada di kawasan kota. Satu lagi rumah sakit tengah proses dibagun di daerah Kecamatan Pamotan, namun di wilayah Rembang bagian timur belum ada rumah sakit.

Selama ini warga di Rembang bagian timur seperti Kecamatan Sarang, Kragan dan Sedan, dan lainnya dilayani oleh Puskemas. Ketika harus ke rumah sakit, jaraknya cukup jauh karena harus menuju ke kecamatan Kota.

Oleh karenanya kini muncul rencana untuk membangun rumah sakit di wilayah Rembang bagian timur. Puskesmas Kragan 2 yang direncanakan akan ditingkatkan menjadi rumah sakit dengan tipe D.

Sehingga pasien yang membutuhkan penanganan mendesak bisa langsung dirujuk ke rumah sakit tersebut.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyebut, sesuai pemetaan wilayah, jumlah penduduk dan dari sisi geografis memang lebih baik ada rumah sakit di wilayah timur. Dan rencana pembangunan rumah sakit itu tengah dalam kajian.

Ia menyebut, jika memungkina secara regulasi maka Puskesmas Kragan 2 akan diubah menjadi rumah sakit tipe D. Namun jika tidak memungkinkan, maka pemkab akan membangun rumah sakit baru.

Hafidz juga menyebutkan pernah didatangi rekan dari pemerintah pusat tentang anggaran yang disiapkan jika Puskesmas Kragan dijadikan rumah sakit.

“Saya pernah didatangi rekan dari Pusat, Pak Bupati bagaimana kalau Puskesmas Kragan dijadikan rumah sakit tipe D. Anggarannya sudah kita siapkan  Rp 35 miliar,” katanya dikutip dari website pemkab pada Senin (9/3/2020).

Kendati demikian, ia menyebut jika memang secara regulasi tidak memungkinkan Puskesmas Kragan di-upgrade menjadi rumah sakit, ia meminta untuk ditunda.  ”Ketika regulasinya tidak memungkinkan maka kita minta mundur satu tahun lagi, ” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini ada tiga rumah sakit di kecamatan Rembang Kota, yakni RSUD dr R Soetrasno dan RS Bhina Bhakti Husada, dan RSI Arafah sedangkan di Kecamatan Pamotan tengah proses pembangunan RS Muhammadiyah.

Sementara di bagian timur belum ada, jika rumah sakit berdiri di Kragan maka sangat membantu warga, agar tidak jauh- jauh ke RSUD yang letaknya di Rembang kota dengan jarak tempuh yang cukup jauh.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Pemkab Rembangpuskesmas kraganRembangRumah Sakit
Comments (0)
Add Comment