Cari Bibit Baru, KONI Grobogan Blusukan ke Sekolah

MURIANEWS, Grobogan – Upaya mencari bibit baru untuk regenerasi atlet dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Grobogan. Salah satunya melalui program baru yang diberi label KONI Go To School.

Ketua KONI Grobogan Fatchur Rachman mengungkapkan, untuk pilot project, program itu dilaksanakan di SMAN 1 Grobogan. Pada tahap awal, ada dua cabor yang coba dikenalkan pada ratusan siswa. Yakni, cabor gulat dan judo.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan penandatanganan MoU dengan pihak SMA 1 Grobogan. Ke depan, kita harapkan lebih banyak sekolah lagi yang akan kita gandeng,” katanya, usai melaksanakan program KONI Go To School di SMAN 1 Grobogan, Kamis (6/2/2020).

Sejauh ini, di SMAN 1 Grobogan baru ada tujuh cabor yang ditekuni siswa. Yakni, bola voli, atletik, karate, taekwondo, silat, tenis, dan renang.

“Kita upayakan ada tambahan banyak cabor lagi yang bisa diikuti siswa. Tadi, kita kenalkan gulat dan judo. Nantinya, akan kita kenalkan cabor lainnya, khususnya yang dipertandingkan di level Porprov,” ujarnya.

Melalui program itu, lanjut Fatchur, diharapkan akan makin menumbuhkan minat siswa untuk menekuni olahraga. Jika ini berhasil maka dampak jangka panjang akan lebih mudah mencari bibit-bibit baru.

Sementara itu, Plt Kepala SMA 1 Grobogan Djoko Priyanto berharap para siswanya bisa mengikuti salah satu cabang olahraga yang disenangi untuk meraih prestasi. Dengan memiliki prestasi, para siswa nantinya bisa lebih mudah dalam melanjutkan studi atau berkarya melalui jalur prestasi olahraga.

“Saat ini, kita baru ada tujuh cabang olahraga. Kami ingin ada tambahan cabor gulat, judo dan lainnya sehingga bisa menambah raihan prestasi para siswa. ’Pada Popda beberapa pekan lalu, kami bisa meraih 20 medali emas, delapan perak, dan 12 perunggu,” ujarnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

bibit atletkoni grobogan