Kabar Gembira, Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Kembali Dibuka Besok Pagi

MURIANEWS, Temanggung – Pendakian Gunung Sindoro melalui Kledung, Kabupaten Temanggung akan dibuka kembali mulai Rabu (22/1/2020) besok pagi. Pembukaan ini dilakukan lantaran cuaca ekstrem yang melanda jalur pendakian tersebut sudah masuk kategori aman untuk aktivitas pendakian.

Ketua Grasindo Riyan Indra Prayudha selaku pengelola Basecamp Kledung mengatakan, sebelumnya jalur pemdakian melalui kledung memang ditutup sejak 6 Januari 2020 lantaran cuaca yang tak menentu.

”Tapi, saat ini cuaca tidak begitu ektsrem lagi dan sudah kondusif untuk aktivitas pendakian,” katanya seperti dikutip Antara Jateng, Selasa (21/1/2020).

Selain itu, selama penutupan, pihaknya juga sudah melakukan revitalisasi jalur pendakian. Salah sartunya dengan membenahi beberapa jalur yang terjal dan mengembalikan jalur yang tidak seharusnya dilalui karena ada pohon tumbang.

”Kami juga memasang penunjuk arah supaya bisa jadi pemandu para pendaki. Selain untuk mempermudah, hal ini juga untuk mengantisipasi pencabangan jalur yang bisa mengakibatkan kerusakan ekosistem,” terangnya.

Meski begitu, ia meminta semua pendaki yang akan menggunakan jalur kledug untuk tetap berhati-hati. Terlebih pada cuaca yang silih berganti saat perjalanan. Ia pun mengajak semua pendaki untuk menjaga ekosistem yang ada.

”Mumpun musim hujan, kami juga mengajak pendaki untuk melakukan reboisasi. Salah satunya dengan menanam beringin sebagai sumber air,” pintanya.

Hal senada juga diungkapkan pembina Grasindo Basori Setiyawan. Menuritnya, cuaca di jalur pendakian jalur kledung sudah tidak begitu ekstrem dan tidak terlalu membahayakan. Karena itu, pembukaan jalur sudah bisa dilakukan.

Hanya, ia berharap para pendaki diminta untuk tetap hati-hati. Ia pun mengajak semua pendaki menggunakan jalur yang sudah diperbaiki dan tidak melebar. Terlebih lagi jika rombongannya hanya sedikit.

”Jangan sampai coba-coba. Saat ini jalur sudah kita perbaiki. Kami harap para pendaki bisa memanfaatkannya,” tandasnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara Jateng