Bakul Tuyul di Kebumen Dibekuk Polisi, Tipu Waria Ingin Cepat Kaya

MURIANEWS.com, Kebumen — Seorang pria bernama Agus Setiawan (26) warga Desa Tirtomoyo, Kecamatan Poncowarno, Kebumen dibekuk aparat kepolisian. Pemuda ini ditangkap setelah menipu seorang waria, dengan modus menjual tuyul yang bisa mendatangkan uang.

Korbannya berinisial YN (38) warga Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, kehilangan uang Rp 20 juta , gara-gara ingin cepat kaya dengan memelihara tuyul.

Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan mengatakan, aksi penipuan ini terjadi pada November 2019 lalu. Saat itu, korban yang berprofesi sebagai waria tengah mangkal di Stadion Candradimuka.

“Peristiwanya sekitar pukul 23.30 WIB. Korban curhat kepada pelaku, ingin berhenti jadi waria jika sudah kaya,” katanya, Selasa (24/12/2019).

Dari curhatan korban, pelaku kemudian punya niat jahat untuk memoroti korban. Pelaku menjanjikan bisa menyediakan dua tuyul yang bisa membuat korban cepat kaya.

Namun syaratnya, korban harus menyerahkan uang sebesar Rp 20 juta sebagai mahar. Korban pun langsung tergiur, dan pontang panting mencari uang mahar itu.

Korban juga meminjam uang kepada saudaranya. Agar saudaranya percaya, pelaku diminta membuat kuintansi jual beli tanah.

Setelah mendapatkan uang pinjaman, korban lalu menemui YN dan menyerahkan uang yang disebut mahar tersebut. Pelaku menjanjikan, dua tuyul itu akan diserahkan dua hari kemudian atau pada Senin (25/11/2019).

Namun setelah ditunggu beberapa hari, ternyata pelaku tidak muncul. Korban yang geram pun melaporkan hal ini ke polisi.

Unit Reskrim Polsek Kebumen langsung melakukan penyelidikan. Hingga pada Kamis (26/11/2019) polisi berhasil mengamankan pelaku di Kecamatan Gombong.

Dari hasil pemeriksaan diketahui jika uang Rp 20 juta yang diberikan korban ternyata sudah habis dipakai.

”Uang korban telah dibelikan mobil. Sementara uang itu didapatkan korban dari hasil pinjaman kepada saudaranya,” ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku kini diamankan. Ia akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman empat tahun penjara.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

jual tuyulpolres kebumentuyulWaria