Bayi Penderita Hydrocephalus di Blora Dapat Bantuan dari Pemkab

MURIANEWS.com, BloraPemerintah Kabupaten Blora menyerahkan bantuan kepada bayi penderita hydrocephalus Rasyaka Athaya Steven, Senin (25/11/2019). Bayi berusia 9 bulan ini merupakan putra pasangan Edward Steven dan Candra Muktiani, warga Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora.

Bantuan berupa dana sosial dan sembako tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Blora Arief Rohman bersama Ketua Baznas, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Sekwan DPRD Blora, Kabag Kesra Setda Blora, perwakilan Dinsos P3A, Bank Jateng, Lazismu, Camat Blora, dan Lurah Karangjati.

Bantuan diterima langsung oleh ayah Rasyaka, Edward Steven, salah satu driver tenaga PHL di lingkungan Setwan DPRD Blora. Ibunda Rasyaka, Candra Muktiani ikut mendampingi sambil menggendong anaknya.

“Kami semua, mewakili Bapak Bupati, ikut prihatin atas sakitnya adik Rasyaka. Ini ada titipan dari seluruh ASN Kabupaten Blora melalui Baznas, semoga bisa membantu meringankan proses pengobatannya. Selain itu juga ada bantuan dari Dinkes, Setda, Setwan, Dinsos, Bank Jateng hingga Lazismu,” ucap Arief Rohman saat menyerahkan bantuan.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman bersama sejumlah pejabat terkait menyerahkan bantuan bagi bayi penderita hydrocephalus Rasyaka Athaya Steven, Senin (25/11/2019). (MURIANEWS.com/Dani Agus)

Usai menyerahkan bantuan, Arief lantas mendoakan Rasyaka agar bisa segera sembuh dan tumbuh normal layaknya anak-anak seusianya. Pihaknya berharap kasus hydrocephalus seperti ini bisa dicegah sejak dalam kandungan dengan selalu memperhatikan asupan gizi dan kebersihan lingkungan agar terhindar dari virus penyebab hydrocephalus.

Untuk diketahui, beberapa hari lalu Rasyaka sempat menjalani perawatan dan operasi di salah satu rumah sakit di Kota Semarang dengan layanan BPJS kelas I. Namun antrean operasi untuk pemegang BPJS kelas I saat itu mencapai ratusan pasien.

Mengingat kondisinya terus menurun sementara tindakan operasi harus secepatnya dilakukan, Rasyaka akhirnya naik ke kelas VIP. Namun belakangan keluarga baru tahu bahwa ada biaya tambahan yang harus ditanggung karena kenaikan kelas itu. Dimana, pembayaran operasi hanya ditanggung sebesar 35 persen oleh BPJS. Sedangkan sisanya sebesar 65 persen ditanggung oleh pasien.

Sementara itu, ayah Rasyaka, Edward Steven mewakili seluruh keluarga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Blora yang telah mengupayakan bantuan pengobatan dan pelunasan biaya operasi untuk anaknya.

“Terimakasih untuk semuanya, kami hanya bisa membalas dengan doa. Semoga Bapak, Ibu semuanya diberikan balasan yang terbaik dari Allah SWT karena telah membantu keluarga kami,” kata pria yang akrab disapa Edo itu.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Supriyadi

bantuanbloraHydrocephalus
Comments (0)
Add Comment