Ratusan Siswa SMA NU Al Ma’ruf Kudus Diajak Minum Pil Tambah Darah, Ini Tujuannya

MURIANEWS.com, Kudus – Ratusan pelajar di SMA NU Alma’ruf diajak untuk meminum pil tambah darah oleh Puskesmas Jati, Kudus, Senin (18/11/2019). Kegiatan, ditujukan dalam rangka mengkampanyekan gerakan hidup sehat di kalangan remaja produktif.

Kepala Puskesmas Jati Kudus Amad Muhammad menjelaskan, selain mengkampanyekan Germas, kegiatan juga ditujukan untuk meningkatkan status gizi masyarakat Kudus. Gerakan meminum pil tambah darah sendiri merupakan progam nasional yang diimplementasikan pihaknya.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat,” katanya usai memimpin gerakan minum tablet tambah darah di SMA NU Alma’ruf pagi tadi.

Untuk remaja putri, pihaknya telah menyiapkan progam minum berkesinambungan. Dengan jangka waktu yakni empat bulan ke depan. Di tiap pekannya, pihaknya akan mendroping pil tambah darah untuk diminum remaja putri maupun putra.

“Tentunya kami akan pantau dalam hal pengonsumsian ini,” lanjutnya.

Dengan begitu, hasil dari meminum pil tambah darah bisa dirasakan secara maksimal oleh anak-anak, khususnya remaja putri. Ahmad menjelaskan, pil penambah darah akan menggantikan darah yang yang dikeluarkan remaja putri lewat menstruasinya.

“Jadi dampaknya adalah saat menstruasi ataupun setelahnya, kondisi remaja ini dalam keadaan fit. Sehingga tidak mengganggu kegiatan belajarnya,” lanjutnya.

Ahmad menambahkan, minum pil penambah darah sendiri sudah digaungkan sejak lama. Sasaran peminumnya pun beragam. Mulai dari remaja sia produktif, hingga ibu hamil dan kaum lanjut usia.

“Ini kami gaungkan kembali, supaya gerakan ini bisa menyebar luas,” tandasnya.

Sementara Kepala Sekolah SMA NU Al Ma’ruf Shodiqun mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Puskesmas Jati ini. Pihaknya beranggapan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Sehingga kegiatan seperti sangat diperlukan.

“Sehingga menjadi siswa yang kuat untuk menghadapi perkembangan dunia,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

kudussma nu alma'ruf kudus